lika liku luka KMP

-->
Posting kali ini gak berbeda jauh sama postingan Rahma yang absurd *katanya. Perbedaannya hanya jumlah katanya yang memesat, kalimatnya yang memanjang, tanda bacanya yang membanyak, tapi tetap nonfiksi.  Yah walaupun ada beberapa perubahan karena Rahma lupa.
Berawal dari sebuah tawaran salah satu guru di sekolah, hari dan tanggalnya Rahma lupa. “tanggal 15 nanti, ikut Pasiad ya. Bimbing ade-ade kamu, tapi kelas IX cuma sendiri. Tiap hari selasa latihan di perpus” sambil berlalu beliau berkata sepertu itu. Kaget, pastilah ‘I am on physic, so thanks for math’. Memang sih ini bukan kali pertama Rahma ikut kompetisi ini. Tapi kali ini berasa aneh, mungkin karna sudah terbiasa di fisika kali ya. tapi entah setan apa yang merasuki, alhasil yaa pede-pede aja. Setiap latihan ga ada pilihan lain buat ga jawab iya atau ngerti (tapi dikit-dikit adalah yang nempel). Kesan-kesan waktu ngerjain soal itu lho yang dahsyat. Entah soalnya yang gak banget, atau malah Rahma yang kebelinger, tau ah.
Hari itu, 15 Desember 2012, waktu latihan yang hanya sekitar 2 minggu dengan  1 pertemuan tiap minggunya  dan durasi tak lebih dari 40 menit itu harus dibilang cukup untuk perjuangan kali ini. Rahma yang biasanya paling muda diantara peserta lomba yang lain, sekarang ngerasa yang tua banget! Satu-satunya perwakilan kelas IX dari sekolah, 3 perwakilan lainnya kelas 7 dan 8. Sampai di tkp, langsung cari-cari ruangan. Anehnya, nama Rahma kali ini tertulis di daftar peserta (harusnya bersyukur, bukan menganehkan). Pasalnya, biasanya nama Rahma pasti kelewat, atau salah, atau bahkan ga ada. Itu pengalaman sekilas nama Rahma di setiap Olim. Setelah dapet tempat duduk yang Rahma rasa paling pewe, akhirnya Rahma keluar ruangan *lho?. Banyak temen lama (baca : temen OSN dulu) yang Rahma temuin.
‘teng’ sekarang waktunya kenalan sama soal yang ngajak gulet. Setelah urusan bersama LJK selesai, akirnya mulai buka naskah soal. Nomor 1, lewat *apaan banget baru nomor 1 udah begini. Pola pikir absurd Rahma mulai keluar. “kalo no 1 susah, berarti tambah kesana tambah gampang” akibat filosofi itu yang gatau darimana datengnya, Rahma putusin buat ngerjain soal dari nomor paling akhir *gubrak. Tapi entah kenapa filosofi ini cukup membantu. Sekarang soal-soalnya jadi gak kerasa susah, tapi puyeng -_-. Tapi lama-lama rame juga soal ini, jadi deh dijabanin guletnya.
- Skip -
31 Januari 2013, diawali dengan pagi yang biasa, kegiatan sekolah biasa, temen yang biasa, guru yang biasa, dan pelajaran yang biasa. Tapi ada satu hal yang tak biasa di tanggal itu. Pulang sekolah, mungkin jadi agenda rutin yang entah sejak kapan Rahma jalanin yaitu ngecek hape. Ga biasanya ada sms dari nomor gak di kenal kaya gini. Awalnya sms itu Rahma cuekin, sampe selesai makan Rahma inget kalo ada sms yang belum Rahma buka. Ternyata isinya pengumuman penyisihan pasiad, itu artinya Rahma lolos dan masuk final. Euh senengnya bukan kepalang, banyak faktor deh senengnya. Mulai dari yang pengen kaya tedinni (masuk final KMP), juga pengen  banggain orang tua, sekolah, temen, dan lain-lain lah. Ini kali pertama Rahma masuk final dalam bidang matematika khususnya. (math-nya kebelenger sih xD). Rahma kasih tau semua yang ada di rumah, semua bangga, dan Rahma seneng yah walaupun bête juga mesti belajar (lagi) buat final nanti ƪ_(˘_˘').
 9 maret 2013, yang hari ini rencananya bakal ngerayain ulang taunnya i’am, gak disangka malah final pasiad mana pemberitahuannya pas tanggal 8. What the apa banget coba! Iya sih dari kemarin kemarinnya juga udah belajar, tapi apa salahnya ngasih pemberitahuan lebih awal gitu, aaaah… final kali ini disatuin sama OSN, jadi pasiadnya setelah OSN, jam 12 dan Rahma udah ada di TKP dari jam 8. Iya sih jadi enak banyak waktu belajar, tapi ibarat udah di bibir sumur terus ngeles saya haus minta minum *halah apasih. Intinya Rahma gabisa kalo udah mepet gini tapi masih harus belajar.
‘teng’ (lagi), bunyi yang sama (lagi) waktu penyisihan kemarin. naskah soal gak banyak perubahan, selain judulnya yang bertambah singkat (penyisihan → final). Tapi LJKnya lebih menarik dan lebih ga nyambung (kayanya ini LJK sisa salah satu sekolah yang mensponsori atau disponsori Pasiad atau apalah) jadi apa yang harusnya kita isi itu ga ada, dan pilihan-pilihan yang capruk (baca : ga perlu) malah bejubel. Rahma yakin kali ini soalnya bakal ngajak gulet lagi, tapi ternyata tidak, soal ini ngajak Rahma ngantuk, mules-mules, sumeng, masuk angin *plak. Selesai mengurusi identitas LJK, administrasi (tanda tangan) dan kawan-kawan. Rahma gak buru-buru ngerjain soal, ya Rahma nunggu, nunggu kotretan (baca : terserah apa namanya yang penting kertas buat ngitung-ngitung). Sampe menit ke 10 itu kotretan ga dibagiin dong! Hoalah dikata otak sederajat olim ga perlu kotretan yah -_-. Itu pertama kali Rahma selesain soal-soal matematika dengan sedikit ngotret.
Dari sekian banyak soal (Cuma 50 pg + essay 1 sih), yang bener-bener Rahma tau caranya, Rahma itung, Rahma kerjain cuma 20 nomor, 10 diantaranya ada jawaban yang Rahma yakin bener *bener bener salah. Dan yah sisanya, masukan digit sesuai logika. Sampe di bagian essay soalnya itu berhasil bikin Rahma sakit perut nahan ketawa. Ini cuplikan soalnya:
terdapat 12 koin identik, 1 diantaranya beratnya berbeda. Bagaimana caranya menentukan satu koin yang berbeda apakah lebih berat atau lebih ringan dengan hanya melakukan 3 kali penimbangan dengan menggunakan timbangan lengan ganda?
Refleks pikiran Rahma jawab, mau lebih ringan mau lebih berat, da kalo di pake jajan mah laku. Itu jawaban paling menggelegar yang pernah Rahma keluarin selama Rahma lomba. 15 menit menjelang habisnya waktu, panitia membagikan sertifikat pasiad. Awalnya Rahma seneng-seneng aja, tapi lama diperhatiin ada yang janggal. Piagam itu bertuliskan ‘elementary school’ *lah? Itukan SD. Tanpa pikir panjang, Rahma langsung lapor ke panitia. Panitia yang sepertinya kurang paham dengan makna elementary school mencoba membenarkan dengan argument yang absurd. Rahma noleh ke arah belakang, ke salah satu teman Rahma. Dia hanya nyengir dengan kening yang berkerinyut seperti kakek-kakek. Melihat ekspresi itu panitia mulai memeriksa kembali sertifikat-sertifikat itu. Dan memang salah.
Itulah sekilas lika-liku KMP IX…
Hari ini, 9 april 2013, yah mungkin bukan suatu hari yang penting, tapi ini special bagi Rahma. Itulah pengumuman hasil final KMP IX. Sepulang sekolah, tanpa makan, tanpa air, langsung Rahma sambar CQ40 kesayangan ini. Ditelusuri… ternyata hanya memperoleh rangking nasional 1143 dan rangking provinsi 75 halaah. Padahal awalnya pemberitahuan rangking 17 provinsi, eh begini. Kecewa, pastinya. Nyesel, apalagi! Tapi yah inilah akhirnya. Semoga walaupun hanya dengan ini bisa membuat semuanya bangga. Thanks for Allah, and thanks for all J

“Satu lagi tingkah laku manusia, jika temanmu gagal, kau akan merasa sedih. Tapi jika temanmu menjadi yang terbaik, kau akan lebih sedih”
- 3 idiot

Komentar

Postingan Populer