Thymun – Tim Imunitos


“Kita emang gain emphaty, tapi bukan untuk dikasianin. Kita kumpulin energi dari orang baik, kita deliver ke mereka, kita liat semenakjubkan apa hasilnya ”
 – Gemastik, 2019.

Serba-serbi gemastik yang aku rangkum tapi ngga jadi pendek. Spoiler aja, isinya ‘curhat’ bukan tips and trick dapetin hati juri. Terus ini isinya nyampe >15 halaman a4, kalau di A3 jadi 5 halaman lah minimal..


Pra-Event
Kita harus sepakat buat ngga ada pertanyaan “gimana tim kalian bisa terbentuk?” karena semua itu atas izin Allah. Sepakat ya teman-teman 😊 aku lebih pengen ceritain gimana kita bisa bertahan dan berjuang sama-sama buat hidup di jalan ninja kami. Percaya deh, aku sempet give up dan ngga yakin kalau bakal lanjut ngedaftarin tim di gemastik. Karena.... low motivated aja gitu, mulai dari ide yang ngga jelas, dan aku yang sibuk (katain aja aku sibuk). Sampe akhirnya kita bertiga mendobrak ‘rasa gaenak’ dan fgd agak serius, gimana kelanjutan tim kita, mau lanjut atau ngga. Akhirnya kita milih buat lanjut, di satu bidang, dengan satu ide yang udah kita sepakatin.
Timku itu isinya yasmin anak ilkom 54, yumna skpm 53, dan aku. Disini aku cuma tau yumna, bener-bener cuma tau loh ya. Interaksi juga kaya say hi basa-basi. Dan malah yasmin baru aku tau saat itu. Tapi kaya ada petir di pertemuan pertama kita bertiga. Kita ketemu di ilkom lantai 3 ya itu? Di bangku sebrang komlong, sore-sore sampe maghrib. Disana kita bahas apa ya? lupa. Kalau gak salah itu bahas jobdesk deh. Pokoknya disitu masih awkward gak enakan. Dan goalsku saat itu cuma “kelarin tugas dengan baik” tapi tanpa meninggalkan urusanku yang sudah ada sebelumnya. Perasaanku belum dalem buat tim ini.
Hal selanjutnya itu ngurus pendaftaran, beberapa hal bikin aku sebagai ketua tim (secara administrasi) selanjutnya aku malah bingung siapa ketua tim karena jadinya kita santuy-santuy aja kerja wkwkk. Nama imunitos juga spontas aja diambil. Sebelumnya aku pengen nama yang filosofis gitu, kaya meraki. Ah dia emang panutan sih, sedikit banyaknya dia itu membuat jalan pikiranku seciamik itu. Akhirnya ya.. imunitos yang dipilih karena... lucu, udah gitu aja. Urusan administrasi sebenernya cukup ribet karena aku masih di yogya, tapi untunglah yumna berhasil ngurus itu dengan cantik. Drama pertama dimulai dari sini 😊

Penyisihan 1
Setelah daftar, kita ngurus proposal. Aku yang awalnya cuma mikir mau desain proposal kaya gimana, ternyata salah besar. Waktu itu timku agak pincang karena yumna harus penelitian jadi gak ada di bogor. Berdua yasmin, kita coba handle hal yang bisa kita lakukan, ditambah yumna yang support dari jauh dan urus berkas proposalnya. Susah? Euughhh jangan ditanya wkwkk. Kayanya waktu 24 jam itu kurang, ditambah kita masih harus bounding, masih kuliah, masih struggle dengan seseorang, dan beban-beban pribadi lainnya. Tapi setiap malem kita ngerasa pengen nyerah, setiap pagi selalu bermunculan harapan baru.
Masa hectic ini barengan sama masa hectic ngumpulin laporan PL. Udah jelas lah laporan PL ku yang pasti kukorbankan. Bukan kukorbankan juga sih... tapi yaa.. aku tau aku udah gak bisa maksimal disana, jadi ya sejadinya aja. Sempet berantem sama temenku sampe dia jadi agak cukup marah sih. Aku tau maksud dia baik, tapi jelas aku gak bisa dikekang atau diatur kaya gitu. Endingnya dia cuma bilang “percuma, gue gak bisa ngatur lu juga. Gue cuma kasian sama lu. Jangan lupa urusin PLnya” aku ngerasa... entahlah saat itu aku meledak-ledak dan marah karena sama sekali gak ada yang support aku di gemastik ini. Sungguh. Di sisi lain aku seneng aku bisa ikut gemastik, tapi temen-temenku kaya ngga peduli. Dari situ aku berniat untuk ngga lagi-lagi mencampuri urusan gemastik dan stk. Karena... sesuatu tentang stk akan membuatku kacau, dan itu berdampak buruk sama progress gemastik aku. Jadi cukup, aku ngga mau semuanya berantakan.
Alhasil ya laporan PLku beneran telat dikumpul. Tapi ya aku gak watir-watir amat, udah bodo amatlah. Aku seegois itu. Meski ya, sebelum bimbingan nangis dulu, ketiduran di ruang sidang stk sampe dipanggil bapaknya, malu sama temen seperbimbingan, dimandorin ngerjain laporan, dianter kesana kesini buat ketemu pembimbing, dichat tiap hari buat lapor progress, dimarahin TU kenapa bisa telat ngumpulin. Tapi ya... ah udahlah, aku emang secupu itu di stk. Gausah diperjelas lagi hahahha.
Ada satu hari dimana aku cabut kuliah buat ketemu dokter, ini juga jadi persoalan antara aku sama temenku. Dia heran kenapa aku bela-belain buat ke bekasi dan ninggalin kuliah. Aku gatau, ini panggilan hati. Intinya ada yang membuatku harus kesana. Bisa aja yasmin pergi sendiri waktu itu, tapi aku ngerasa aku perlu ikut. Selain karena ini emang tim, tapi aku ngerasa apa yang aku kejar ini worth it. Dan taraaa.. siapa yang nyangka aku bakal ketemu sekretaris bla bla bla wapres (aku lupa wkwkk). Woi! Becanda kali aku bisa ketemu orang besar, obrolin hal yang cukup serius, meski aku agak ngga ngerti. Tapi... waw! Gatau deh aku gak bisa jelasin gimana rasanya dan sehangat apa obrolannya. Hal yang bikin aku terenyuh adalah.. ketika aku dan yasmin ngomong, nyampein ide, dokter dinis nyimak dengan seksama. Tatapannya berasa kasih amanah besar buatku. Titik dimana aku ngerasa gemastik ini bukan sekedar kompetisi.
Setelah ketemu dokter, orang selanjutnya yang kutemui adalah odamun. Awalnya aku bingung ketemu mereka dengan embel-embel gemastik. Aku takut mereka tersinggung atau sekedar memanfaatkan kondisi seseorang. Tapi.... aku salah lagi. Malam itu rasanya lebih dari sekedar wawancara, lebih dari curhat, lebih dari fgd. Ada transfer energi yang kurasa sangat kuat dari mereka. Ada peluk dimana harapan dititipkan. Ada pelajaran dimana pentingnya mensyukuri hidup. Akhirnya, total, orientasiku dalam project ini bukan lagi gemastik. Mereka mengubah semuanya, mereka menguatkan aku.
Dan ada satu hal yang membekas buatku, itu ketika aku harus wawancara odamun sendirian. I mean, aku doang. Sebelumnya sesi wawancara ada aku sama yasmin, dan sedikit banyaknya jadi lebih santai karena suasananya jadi curhat. Dan ini... satu lawan satu. Aku bener-bener masih nyimpen perasaan gak enak. Gini loh, kebanyakan sebuah project yang dilombain, itu bakal selesai setelah lomba. Aku tau sih gimana beratnya ngelanjutin project tanpa motivasi tralalanya, aku juga ngga berani jamin aku berhasil bertahan. Tapi kalau berniat, iya. Dan aku ngga mau membuat mereka yang membantu ngerasa di PHPin, terlebih odamun. Aku ngga pengen sampe mereka mikir “ah setelah lomba juga gue dilupain”. Ngga gitu. Itu yang susah dan bikin aku gak pede. Tapi ternyata... mereka orang yang sangat baik, mereka jauh dari embel-embel kekhawatiranku. Mereka ngga keberatan sama sekali. Dan sampai akhirnya wawancara, yang aku dapatkan itu bukan data, melainkan arti hidup seseorang. Seseorang yang benar-benar menghargai hidupnya. Dan sampai aku cerita kekhawatiranku sama yasmin, dia bilang, “kak, kita bisa liat ketulusan dari mata seseorang, kebesaran hati ngga bisa ditutupin.” That’s the point, saat itu aku memposisikan diri aku bukan sebagai pewawancara, bukan data yang mau aku ambil, Aku disana sebagai teman, pendengar, dan... penyemangat buat mereka.
Hal paling bodoh yang aku lakukan di sesi ini adalah.... rekaman video yang ternyata gak ada audionya. Sumpa aku kesel banget kenapa aku bisa sebego itu ngga nyalain recorder audio. Niat mau bikin video yang cinematic ala-ala, akhirnya harus dicukupkan dengan upload video durasi 12 detik. Bayangin 12 detik! Instastory aja lebih panjang dari itu. Meskipun totalnya 40an detik sih setelah kutambahin cinematic ala-ala. Tapi ya, karena videonya pendek banget, aku ngerasanya itu malah bikin penasaran wkwkk. Aku kepepet banget karena video dikerjain di hari terakhir submisi, dan takut kelamaan ngerender dan upload, jadi yaaaa... udah. Upload. Itupun kita submit di jam 23 sekian. Sungguh perjalanan menuju upload berasa ngga napas. Makanan yang biasanya abis dengan bar-bar, ini sama sekali ngga kesentuh. Setelah submisi berhasil, aku cuma bisa menghela napas sambil nenangin diri. Setidaknya kalau ini gagal, aku pernah merasa diriku bisa bermanfaat buat orang lain.
Selama nunggu pengumuman, aku, yumna, yasmin lanjut menjalani hari kaya biasa. Agak kaku kaku juga sih, bahkan kaya cuma berniat.. “eh ayo nanti kita makan bareng” udah gitu nyusun acara tapi lumayan padet jadi yaa sejadinya aja. Akhirnya kita makan sih di SS, dan foto bertiga buat pertama kali. Aku ngerasanya itu udah kaya farewell gitu loh, pembubaran panitia. Kaya kita ngga expect apa-apa buat kedepannya.


Penyisihan 2
Dibilang ngarep lolos, ya ngarep juga, tapi dibilang gak yakin lolos ya emang gak yakin. Sesantai-santainya aku, tetep aja aku deg-degan di hari pengumuman, aku berdoa yang terbaik untuk itu. Dan .... Lolos! Kata-kata pertama yang keluar dari mulutku saat itu adalah... “mampush” (oke ini jangan ditiru). Aku kaget sekaligus bingung tapi seneng. Bayangin aja itu udah mepet UTS dan masih banyak sekali yang harus diurus ditambah aku gak tahap selanjutnya itu harus apa. Kepalaku bener-bener pengen kutaro dulu rasanya, tiap hari kayanya sakit gitu. Mungkin ya, orang yang liat aku ngejalaninnya bisa sesantuy itu, ya emang santuy. I mean, tensi kerjaku emang ya...... udah gak manusiawai ehe. Tapi gini, entah kenapa, aku ngerasa ini adalah hal besar yang ngga boleh selesai asal selesai. Ya meski akhirnya di ending mepet deadline pengumpulan, goals terbesarku adalah asal submit muehehe.
Tahap 2 ini ada video macem demo aplikasi. Tapi dasar aku yang anaknya melow melow dramatis, yang ada di kepala aku ya scene nya itu cinematic WKWKKK. Setelah dipertimbangin dan nurunin ego, kurasa emang aku gak perlu ngambis amat di video karena bukan itu poin utama penilaiannya. mungkin juga sih ini karena standar video aku ketinggian kali ya (YAIYALAH LU MAIN SAMA EDITOR KELAS KAKAP e&). Abis itu yumna kasih liat konsepan video yang cukup simpel tapi ngena. Fix lah konsepnya dibuat kaya gitu, kubuat storyboard dan narasinya dan lalala nya. Step selanjutnya, take video. Lucu sih ini, pertama kalinya aku ke kostan yumna. Demi apapun aku masih ngerasa canggung. Jujur yum ini mah HAHAHA. Aku tipe orang yang jarang main ke kostan temen gituloh, apalagi aku sama yumna kaya ‘baru kenal’ tapi.... aku berhasil lawan itu semua, aku seneng akhirnya aku bisa bersosialisasi, gak maen sama laptop mulu. Bahkan nih yak, aku selalu punya satu hari dimana aku gak mau ketemu manusia, serius! Dan satu-satunya orang yang mau kutemuin saat itu cuma mba-mas alfamart. Pernah baca tulisanku tentang minimarket effect? pasti ngeuh deh. Pokoknya alfamart ini sumber kehidupan buatku :’)
Oke lanjut, jadi di gemastik ini bener-bener ngebuat aku harus berani, harus siap, harus mau ketemu dan baur sama banyak orang. Bukan aku banget nget nget nget. Tapi aku malu sendiri kalau aku gagal ngelawan rasa itu. Ngaca dari yasmin, daniar, sarah dan temen-temen survivor lainnya, aku bertekad buat ngalahin apapun rasa takut yang kupunya. Kecuali tokek.
Lanjut bahas soal video, di kamar yumna persiapan mulai dari bikin script, dandan, sampe take. Tapi ya... udah 2 jam berjalan, masih aja belum dapet yang pas. Ternyata script yang aku bikin itu dirasa kurang cocok sama karakternya yumna. Kaya gak dapet gitu feelnya pas dia yang baca. Akhirnya dengan nekat, dicoba aku yang jadi pemerannya. Tapi.... ahahhaha aku gak bisa seekspresif yumna, aku gak punya alis woe WKWKWKK. Sumpah mukaku itu flat banget jadinya. Jadi gagal lagi. Sampe udah mepet sore dan terlalu lama, akhirnya kita menyimpulkan. ‘dubbing aja’. Yumna udah saranin itu dari awal sih, Cuma aku masih keukeuh kalau feelnya bakal dapet kalau ngomong langsung. Dan taraaaaa... hasilnya bagus pas dubbing :’) iya, suaranya suara aku, mukanya muka yumna, kita saling melengkapi gituloh. Ini yang aku bangga sama timku, kita punya kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi bener-bener kerasa saling melengkapi dan menguatkannya, bahkan buat hal-hal kecil. Kaya boti setiap malem buat pulang ke kostan.
Urusan video kelar, kita mulai lagi buat nyusun dokumen teknis. Gatau kenapa kayanya kita mulai ada di titik jenuh. Jadi kaya pengen kerja tapi gak di kampus gitu, biar dapet suasana baru. Carilah coffee shop atau tralala trilili yang bisa dipake kerja. Aku yang cupu dan gak demen kopi, jadi bingung mau kemana. Aku pengen ke maraca (dari semester 3 pengen kesini gak kesampean mulu), tapi kaya rame, jadi takutnya gak kondusif gitu. Bermodalkan google dan referensi tambahan, dapetlah kemenady. Pas jalan aku mikir..... “anjir jauh” tapi yaudahlah, orientasiku gak boleh kerja mulu, ayok kita jalan-jalan. Meski ya aku juga gaenak sama yumna, kasian cape, aku gak bisa boncengin jadi dia mulu yang bawa motor.
Sampe di kemenady, baru aja turun motor, abis parkir, eh .... celana yumna kesangkut dan sobek. Awalnya kita ya ketawa-ketawa sih, Cuma sebel juga, kenapa sih kenapa harus ada-ada aja beginian. Akhirnya, ditutupin dan kita masuk aja dengan pede ke dalem. Sampe didalem.... “buset rame” yang gue dapet dari instagram temen kayanya tempatnya sepi, cozy dan... cocok. Eh pas disini jadi rame, nyoba nyari tempat duduk kosong, dapet sih tapi gak nyaman. Yang bikin aku kesel adalah, tas ku kesenggol sama mas-mas hits, dan jatoh. Woe laptop gue jatoh :’) ya gapapa sih, kan didalem tas, tapi aku shock gitu loh. Perihal gemastik kan disitu semua, dan tau laptop aku serentan apa, ya aku pengen marah lah. Tapi gapapa. Karena setelah itu aku makin yakin buat pindah dari tempat ini. Abis itu kita kabarin yasmin, dan pindah ke studentT eh apadeh namanya coffee shop di ruko yasmin sebelah ss.
Yasmin udah sampe duluan disana, kayanya itu pertama kali lagi kita ketemu setelah beberapa hari ngga ketemu (ngerasa kaya lama gitu wkwkk) yaudah awal-awal kita makan dan mulai kerja. 1 jam pertama beneran deh itu kondusif banget, tempatnya enak, makanannya enak, yang gaenak cuma air mineralnya bukan nestle ehe. Sampe kita selesai sama kerjaan individu dan mau mulai diskusi, ngobrol deh tuh.. karena yumna posisinya bersebrangan sama aku dan yasmin yang buka laptop, jadi yasmin agak harus berdiri tiap mau nunjukin sesuatu ke yumna. Di meja kayanya ada minuman aku, thai tea, sama es krim nya yasmin. Karena yasmin-yumna mulai bar-bar aku sempet geserin thai teanya biar gak deket amat sama laptop, sampe jarak aman lah. Terus sambil ngobrol yasmin ngambil es krimnya, dimakanlah itu. Ngga tau lagi apa, dia berdiri buat ngomong ke yumna terus ngga sengaja nyenggol es krimnya yang ada di depan dia, terus es krimnya tumplek ke keyboard laptopnya dong. Iya tumplek, bukan tumpah. Kita bertiga panik dong, tapi ada moment dimana kita hening barang 2 detik, kaya jantung tuh berenti. Abis itu ya langsung minta lap dan lalala ngurus itu laptop. Aku tanya sana-sini gimana cara nanganinnya, tapi yaaa.. woe itu bukan air, padat creamy gitu loh
Setelah dibersihin yang bisa dibersihin, yasmin-yumna langsung pergi ke tukang servis. Aku ditinggal sendiri. Lemes. Yaiyalah gilak! Jantungnya thymun ada disitu. Aku berdoa tapi kaya bengong gitu loh. Anjir bahaya banget kalau gue dihipnotis mas-mas kasir. Malem itu aku cuma kepikiran lapor ditmawa, berharap dipinjemin laptop. Sebenernya pengen cari pinjeman laptop ke temen, tapi mengungat itu adalah minggu uts, rasanya tidak mungkin. Dan saat itu beneran aku ngerasa lagi ngga punya temen. Yasudah. Hopeless..
Malem itu kita ke mulmed buat coba pake mac disana, tapi kata yasmin itu ngelag gituuuu jadi tetep gabisa dipake kerja. Terus dapet deh pinjeman laptop dari willyam, sponsor terbaik yang ngasih laptop gitu aja, kaya gak ada privacy atau apa gitu, polos bet polos wkwkk. Disitu aku ngerasa kaya... beban yasmin, bukan cuma dia yang ngerasa. Beban yumna bukan cuma yumna yang nanggung. Aku ngerasa hati kita udah satu disini. telat sih, tapi aku emang ngga peka orangnya. Aku pengen menguatkan mereka, tapi aku juga... ngga bisa. Disini aku sadar, karena kita cewe semua, ketika lagi kaya gini ya... kita cari pelarian masing-masing... yumna malem itu nelpon siapa aku gak tau dan gak berani nanya, yasmin juga asik sendiri gak tau ngapain, aku ngespam aja curhat ke orang-orang kaya biasa (p.s. thanks for being there and make it easier). Kita sampe jam 2 atau jam 3an gitu di mulmed. Malem itu akhirnya ngga berprogress banyak tapi yaa lebih ke muhasabah banget buat kita. Gimana cara kita menenangkan diri dan memanage emosi.
Kerjaan berlanjut pake laptop willyam, aku gak begitu paham sejauh apa yasmin berhasil ngakalinnya tapi kurasa itu cukup aman. Dua hari menjelang pengumpulan, itu udah minggu uts. Ah ngomongin uts.. aku muak sebenrnya ehe. Tapi pengen cerita. Jadi buat uts itu aslinya dapet dispen buat ikut uts susulan. Aku coba ke departemen dan hubungi dosen yang bersangkutan, tapi ternyata dari departemen emang ngga mengadakan uts susulan. Jadi ya... sudah. Pengen nyoba ngomong ke komti atau nanya di kelas, ada yang berniat uts susulan tapi ngerasa kaya ‘ah gak bakal ditimpalin’. Karena udah seminggu juga aku gak masuk kelas hehe. Dan bener aja, ngga sengaja aku ketemu temen stk ku pas abis shalat. Aku cerita lah kalau aku pengen nyusul ujian, termasuk komprenya juga. Karena kurasa aku gak kuat buat nanggung itu semua. Dan tau respon yang kudapat apa... “loh berarti kalau gitu, kasian dong nanti dosennya bikin soalnya dua kali” kalau aku beruang, kugigit juga itu orang yang ngomong. Aku gak ngerti se-gak gerti-gak ngertinya-orang gak ngerti. Dia teh mikirnya gimana sih.  Aku emang ngga nyari pembelaan atau pembenaran supaya aku bisa nyusul ujian. Tapi ya gak gitu meureun cara menanggapinya. Heran. Setelah itu aku bener-bener nyesel cerita sama anak stk. Sumpa berasa... ah sudahlah aib 😊
Aku sedih... beneran sedihnya. Kukira kesedihan semester 3 terkait temen stk bakal selesai sampai disana. Ternyata itu baru awal haha. Hari pertama uts, simstat, aku udah bodo amat, aku ngga belajar dan ngga persiapan. Ngga belajar itu bukan berarti gak baca sama sekali, kalau itu mah ya bego. Aku baca, tapi ya cuma baca, sisanya emosi mengutuk semua huruf yang ada di slide, sheet, buku catetan. Yaudah kutau simstat ku paling bakal ancur, gapapa selama gak do. Uts hari kedua, mptp, untungnya ya.. ngga susah susah amat sih kurasa, jadi ya ngga belajar lagi. Tapi... disini ternyata ada temenku yang ngga ikut uts karena lomba. Dan mereka (katanya) belum bilang, ntar aja ngajuin susulan. Sakid. Iya sakit hati siah bener-bener. Aku merasa terkhianati gitu loh.................... gue udah bilang ke tu, udah ke dosen, tapi ngga membuahkan hasil. Tau gitu gue cabut aja dari awal. Agak nyesel karena waktu itu gak nanya di grup siapa yang bakal susulan, jadi ya mereka gak bisa disalahin penuh juga. Tapi ya.. bangke aja gitu muehehe. Oke. Untung setelah itu gak ada kelas jadi aku gak perlu ketemu intens sama mereka.
Seterpuruk itu aku sama stk, dan pelarianku disini... gemastik. Emosiku yang ngebuat aku pengen prove ke mereka kalau aku gak nothing-nothing amat gitu. Dan beruntung aku punya yumna sama yasmin, mereka menguatkan. Mereka ngga pernah menghujat, atau menghakimi apapun terkait kegagalan seseorang, kekurangan seseorang. Ngga tau kenapa rasanya yasmin-yumna itu punya hati yang luar biasa lapang buat menerima aku. Selama perkuliahan ini, baru pertama kali aku merasa dianggap dan diterima sespecial ini. Aku punya masalah sama pertemanan. Katakanlah aku gak pernah punya temen yang bener-bener deket, pertemananku bolak-balik di fia, almas, krisna. Buatku di dunia cuma ada mereka kali yak wkkwkk. Makanya ketika ketemu yumna-yasmin yang bener-bener orang baru tapi bisa memperlakukan aku dengan sebaik-baiknya, aku seneng, dan sangat bersyukur.
OIYAAA... yumna juga kasih amunisi anti uts buat aku dan yasmin. Terharu! Dan dia emang paling mengerti kita, udah kaya kakak gituloh buat aku yang bocah. Amunisi yang aku dapet dari orang-orang isinya itu semangat uts lalala lilili, jangan kecapean, jangan sakit karena lagi uts, ah pokoknya intinya isinya itu ujung-ujungnya aku harus uts. Karena aku lagi senggol bacok uts ya, monmaap aja, jadinya amunisi itu ngga ada rasanya. Tapi makasih!
AKU BUTUH DESAINER! Serius satu hari terakhir pengumpulan, aku masih ngurus banyak hal, video sama desain, dan aku bener-bener keteteran kalau harus pegang desain dokumen teknis. Herannya, hidup di lingkaran para desainer, aku malah pusing mau cari desainer kemana. Mungkin karena aku tau masing-masing karakter desain sama cara kerjanya. Aku bingung mau chat siapa, stress gak sih. Dan kebetulan designerd lagi gak avail saat itu. Aku gak bisa memaksa mereka kudu selalu ada buatku juga kan. Tapi tiba-tiba... ada orang yang chat aku “ma, bagi kerjaan atuh” WOW! Gilak gak sih, timingnya pas banget. Dan kemaren aku sempet ngga kepikiran buat chat dia karena dia salah satu pendaftar gemastik, dan ngga lolos, dan yang aku tau dia udah lama gak desain-desain lagi. Dan dia avail malem itu juga! Langsung lah aku minta dia dateng ke ilkom, aku brief seadanya, dan aku udah gak mikir apa-apa lagi. Syarat dan ketentuan bekerja bersama ama adalah....... harus tahan banting, tahan emosi, tahan napas, tahan baper, dan langsung paham karena aku gak bakal sempet jelasin banyak. Aku ngerasa dari kemarin ada-ada aja cobaannya terus hal beratnya, tapi Tuhan Maha Asyik, tau aja caranya buat bikin aku gak lupa bersyukur, ya meski kadang emang akunya kudu olahraga jantung dulu.
23.00 ... udah mulai kerasa nih seseknya ruangan, sesek bukan karena sempit, tapi karena kita makin gak napas. Tensi di localhost waktu itu bener-bener kejam, dari yumna ke aku, aku ke yasmin, yasmin ke nasa, ah semuanya hectic tapi berjalan ngga bentrokan. Kaya gini loh, ada 4 orang lagi kelaperan banget terus dikasih makan di satu meja makan, tapi tangan kita ngga senggolan pas ambil makanan. Gimana yak, ritmenya ngga manusiawi tapi kita tetep hidup.
23.45 ini udah harus finishing, karena masih beberapa yang minus akhirnya sambil finishing sambil aku turun ke bawah buat cari koneksi karena harus upload youtube.
23.50 mama ngevidcall. Bagus banget gak sih, tiba-tiba mama ngevidcall jam segitu, pas aku lagi di kampus, gak mungkin aku ngga angkat karena aku lagi online whatsapp di laptop, dan... ah shid. Gue gak bisa boong kali ini. Sambil gemeteran aku angkat telpon mama karena udah pasti bakal dimarahin, dan yaaa.. aku gatau mau ngomong apa. Pikiranku udah fokus sama submission yang tinggal 9 menit lagi. Aku angkat dan aku jawab seadanya bahkan aku sambil konekin laptop, nyari kabel lan karena wifiku susah connect, sambil nahan nangis dengan apapun kemungkinan terburuk.  Sumpah. Ini berat, aku ngacangin mama yang cukup keliatan marah di video call, ya aku tau aku salah, tapi ya Allah kenapa harus gini, kenapa harus mama yang aku giniin. Coba ya tolong besok aja vidcallnya atau orang lain aja yang lebih gak penting gitu. Akhirnya karena aku makin gak nyambung pas diajak ngobrol, mama nutup telponnya tanpa aku tau udah ngomongin apa aja tadi. Emang gak sampe 3 menit, tapi itu kerasa lamaaaaa banget. 
23.56 video uploaded. Aku kirim linknya ke yasmin yang udah siap-siap diatas buat ngisi form terus klik submit. Dan... ngga sampe satu menit kemudian, submitted. Aku bisa napas, tapi masih pengen bunudiri.



Final
KITA LOLOS FINAL! Hehe. lemes. Hehe. aku gak bisa ngomong apa-apa soal ini, berarti akan banyak hal hebat lagi yang terjadi. Akan ada pertumpahan darah lagi. Akan ada kehectican yasmin-yumna lagi dalam keseharianku. Kita udah semakin dekat, dan aku semakin takut karena harus mulai bermain di depan layar. Sebelumnya ada firasat atau apa gitu sebelum pengumuman? Banyak! Ngga tau kenapa, kehidupanku jadi lebih berfilosofi gitu. Aku kaya lagi yoga (padahal gak pernah), atau malah meditasi (padahal gak pernah juga). Lebih calm dan lebih banyak mengamati lingkungan sekitar, terus tarik kesimpulan sendiri buat kuresapi.
Waktu ketemu dokter dinis, banyak hal yang kita bahas sampe berlanjut ke masalah teknis. Sampe kita dikenalin sama seorang lulusan health informatics yang emang pegang webnya autoimun indonesia. Di awal sebenernya kita udah purpose kalau tujuan kita itu buat lomba, dan emang belum kepikiran bakal berlanjut atau gimana, karena minim banget kurasa (secara skill dan pengetahuan) kita buat ngelanjutin tentang ini. Tapi dokter dinis yaaa.. ngga menghiraukan soal itu, pokoknya yaa.. coba dulu, kerjain dulu, kenalan dulu, terus gak banyak kasih tuntutan juga harus gini-harus gitu melihat kondisi kita yang emang masih mahasiswa.
Oke balik, orang yang dikenalin dokter dinis itu namanya kak aul. Kak aul odamun juga, dokter dinis juga btw (aku gak banyak ceritain dokter dinis yak sebelumnya maapin hehe). waktu itu kita ketemu di... mana sih itu aku lupa :’) pokoknya di jakarta atau itu udah masuk tangsel? Disini bertiga aku, yumna sama yasmin sama-sama dari bogor. Sampe di tempat janjian, aku sempet bengong dan dalem hati mikir, kenapa sih tempat ketemunya itu ngga mahasiswawi, tapi.. yaudahlah pengorbanan. Eh yumna tiba-tiba bisikin “duh keluar duid lagi nih” HAHAHAHHAHA sumpa aku ketawa karena... iya banget! Aku 2 detik lalu masih cemas soal itu. Tapi ya.. emang dasar kita ya, pokoknya haha hihi aja dulu wkwkk.  Sampe di dalem, ketemu yasmin dan kak aul, dan fakta mencengangkannya adalah.. ternyata itu adalah kostan. Iya, lobi kost-kostan tapi lobinya cafe. Sialan gak si :’) gue dari dramaga berasa miris gitu wkwkk. Terus yang bikin seneng selanjutnya adalah... kita gak jadi keluar uang heuheu. Timakasih kak aul menyelamatkan anggaran kami. Oke skip soal ini, itu hiburan doang.
Sama kak aul cerita banyak hal, lebih ke teknis tapi yang masih manusiawi, gak bahas kodingan. Lebih ke gimana solving problem kalau ini gini, gitu, dan lain-lain. Aku gak berhenti takjud disini, hei kita ketemu orang hebat lagi, hei aku dapet kesempatan buat nyampein ide ke seorang yang ngga pernah kusangka bisa ketemu sebelumnya. Hei ditambah gayanya kak aul itu aku banget, whoaaa... sumpa sih, malem itu meski cape ya jadi malem yang penuh makna buatku.
Setelah uts adem-adem aja? Oh tidak masih ada kompre. Tapi karena kompre ada 2 kesempatan aku berniat buat ikut di sesi uas aja. Untung aku udah kuat dan makin ngga peduli sama yang menghujat kuliahku. Selain urusan tugas, rasanya aku gak mau berinteraksi sama mereka.
Persiapan final gemastik bener-bener menguras tenaga, pikiran dan perasaan. Entah kenapa, bawaannya emosi terus gitu. Bukan emosi yang pengen berantem di tim, karena timku baik-baik aja. Tapi emosi sama rutinitas yang super bukan timku banget. Kita dapet timeline dari ditmawa, itu yang mengharuskan kita coaching dan segala macemnya. Bagus sih, terfasilitasi sih, Cuma mungkin agak kurang sesuai sama timku terutama aku. Jadi tiap mau coaching, aku bawaannya males gitu. Ada satu malem dimana hari itu aku bener-bener males coaching. Jadi semalemnya itu abis makrab, sorenya ada coaching. Kondisiku bener-bener yang belum tidur dan badan pegel semua, ditambah semalem gak ada persiapan apa-apa jadi yaa.. kaya gak guna aja kalau aku coaching hari itu. Beruntungnya sesi pertama kita bisa mengalihkan coaching ke curhat dan jadi diskusi. Nah situasi sore itu bener-bener jadi nyaman buatku. Kita sempet nangis juga karena kita jujur disitu sama mentor. Dan beruntunglah mentornya bisa mengerti kita. Dan aku ngerasa lega.
Sesi selanjutnya itu harusnya jam 19.00, tapi katanya bakal diundur karena mentornya masih rapat urus ini itu. Oiya di sesi sebelumnya, aku kena marah mentor karena aku dateng telat dan dianggap kurang menghargai mentor. Ya memang salahku sih, itu langsung dari cisarua dan kita malah main dulu lewat yang sebenernya ngga harus kesana. Tapi udahlah, itu gak jadi masalah besar sama mentor pertama. Nah mentor kedua ini nih, tadinya aku pikir bisa mulai jam 19.00 karena aku udah cape banget dan pengen tidur. Tapi sampe jam 19.30 belum dateng juga, dan konfirmasi buat diundur ke jam 9an. Yaudah deh aku tidur dulu. Beneran tidur, di karpet lab, untungnya sih aku bisa tidur dimana aja. Terus aku kebangun jam 9 lebihan tuh, dan di depan aku udah ada mentor. Sebenernya aku kebangun karena sekilas denger suara gitu loh, dan kayanya coaching udah mulai. Gak tau kenapa aku udah bete aja disitu. Beta karena pertama mentornya telat sedangkan aku sore tadi dimarahin karena telat. Kedua, aku nego buat ngga presentasi karena emang belum siap tapi gak diijinin. Ketiga, waktu presentasi, mentornya asik sendiri maenan laptop. Aku paham sih doi sibuk, tapi ya.. mager aku kalau udah gak diperhatiin. Keempat, aku bener-bener di push buat total, padahal udah kubilang, masih banyak minusnya dan gak mungkin total. Kelima, aku jujur persiapanku baru 20% saat itu, dan doi bilang “oh gini yang mau menang?” jujur deh, aku sama sekali gak ada orientasi kesana saat itu. Doi cerita memuakkan soal gigit medali lah apa lah. Secara personality okelah doi keren, dan mungkin memang doi melakukan itu buat kebaikanku, tapi.. cara doi mentreat aku itu ngga pas buatku. Apalagi aku yang lagi bete. Belum pernah aku bete in kan? Emang aku orangnya jarang bawa orang lain kalau bete. Tapi pas sama doi, aku udah gak pandang bulu lagi, sekali senggol kena bacok pokoknya. Sejak saat itu aku mulai hilang respect.
Sesi coaching ngga selamanya kasih pengalaman buruk kok. Ya walau pahit-pahitnya tetep kerasa. Coaching sama dosen sampe dibilang “jadi kamu disini ngapain?” itu sih yang jadi titik balik buatku. Kata kak vandi diremehkan itu enak, emang enak, tapi kalau udah ngga dikasih kesempatan buat buktiin kalau aku mampu, itu yang enek. Untungnya omongan orang yang kaya gitu gak aku masukin hati sih. Karena aku percaya timku ini gak pernah mandang gorengan satu sama lain. Kita kuat karena kita saling melengkapi, saling merangkul dan saling menerima kekurangan satu sama lain. Salah satu mentor pernah bilang, “perjalanan selanjutnya bakal berat, tapi aku yakin sama tim kalian, karena kalian udah sesolid ini, struggle nya itu ngga bakal kerasa lagi. Kalian pasti ngejalanin hari-hari itu kaya ngejalanin hari biasanya.”
Bener sih, meski cape, rasanya aku dan timku tetep bahagia. Masih banyak hal yang bisa kita syukuri ketimbang kita bergelut sama permasalahan yang diterima. Kita berdamai dengan keadaan, dan perlahan-lahan ketemu ritme kita. Ritme menyenangkan yang kukangen sampe sekarang. Hal kecil nitip makan, ijin telat, ijin bucin, cari promo gofood, ah nikmat deh. Sampe akhirnya tiba di satu hari sebelum berangkat. Kita berusaha buat persiapin itu semua, kaya baju, kerudung, bahkan tempat main di bandung hehe. pusing-pusing di kepala mikirin presentasi, rasanya... yak udah nikmatin aja.
Selama perjalanan dan di hotel fine-fine aja sih, banyak kejadian yang bikin aku sama anak gemastik lain jadi lebih akrab dan lebih modus hahaha. Selingan bercandaan sama anak-anak lain juga bikin suasana gemastik ini patut dikangenin. Menguak banyak aib anak ilkom sampe ipb wehehe. Seru!
Oke kita balik ke cerita perlombaannya. Jadi setelah sampai di hotel, besok paginya itu kita ada opening dan TM. Waktu opening sih masih santai-santai aja, masih haha hihi. Barulah pas masuk sesi TM, mulai tensinya berubah. Jadi waktu TM disebut kalau durasi presentasi itu maksimal 10 menit. Sedangkan di ketentuan itu 20 menit. Jadi ya kita udah persiapan buat 20 menitlah, udah latihan dan tinggal ngematengin. Udah gitu, PPT harus dikumpul sore itu, padahal di ketentuannya gak ada persyaratan ppt harus gimana. Karena pptku belum selesai ya aku panik dong, udah kaya kaweur gitu gak tau mau ngapain. Denger keputusan TM kaya gitu, jelaslah kita panik dan sempet ngedown, kesel sih bukan down lebih tepatnya. Terus kebawa emosi, marah-marah, dan mencoba buat tenangin diri sendiri. Akhirnya pak auzi pelan-pelan mencoba buat tenangin, dan pc aku sama yumna. Ngebaca pc pak auzi, yang mungkin bapak niatnya mau menguatkan kita supaya kita bisa sama-sama menguatkan dan menenangkan yasmin, eh kita berdua ya langsung nangis. Gak tahu lagi harus ngomong apa karena udah sama-sama emosi. Sampe tekadku Cuma satu, yaitu ngebalikin sistem presentasi sesuai sama dengan ketentuan. Beruntungnya, setelah TM dipisah perbidang, jadi lebih kondusif dan peraturan disesuaikan sama peraturan awal. Bahkan presentasi bisa pake laptop sendiri, which means ppt masih bisa kuedit sampe besok pagi. Oke sip. Drama hari ini selesai.
Sampe di hotel, kita istirahat, tidur bentar sampe jam 9 terus langsung finishing ppt. Oiya, pas tm tadi emang disebutin kalau pengumpulan ppt itu deadlinennya jam 12 malem itu. Yaudah jam 11an aku rasa udah ngga ada yang perlu diedit lagi, jadi dikirim aja dulu, kalaupun ada juga ya gapapa besok kan bakal presentasi pake laptop sendiri juga. Jadi yaa.. aku agak nyantai. Bahkan kita sempet fgd, makan pizza, dan ngurus beberapa hal lain dulu. Sekitar 11 lebihan aku keluar tuh nyari wifi karena koneksi emang jelek banget di kamer. Setelah konek karena ngantuk, aku masuk lagi ke kamer dan ngirim dari kamer aja kupikir gak bakal lama juga. Yaudah kukirim ke email sama grup line terus kutinggalin tidur.
Pagi-pagi dibangunin sama yang ngetok pintu kamer katanya aku dipanggil pak auzi. Ternyata di grup udah rame persoalin ppt timku yang ngga bisa masuk drive karena ngirimnya lewat deadline. Aku bingung kan, bangun tidur, kaget, dan kaya masih belum sadar sebenernya kenapa sih. Aku cek line kan, nah di line itu file terkirim 00.03. dan aku inget betul kalau aku ngirim di email dulu terus ke grup line. Buka email di hpku kan lama jadi aku milih mandi dulu dan turun ketemuin pak auzi. Sampe dibawah, pak auzi nanya kapan aku kirim ppt nya. Aku bilang jam 11 lebihan, tapi emang mepet banget deadline, kalau di line bahkan jam 00.03. akhirnya aku diminta cek di email dan taraaaa... 00.05. shid men. Aku kesel banget, kenapa aku bisa sampe seteledor itu, kenapa bego banget nget nget. Rasanya pengen mengutuk diri sendiri karena semalem terlalu santai dan ngga mikir kalau gemastik seserius itu. Jujur aku pengen nangis, dan ngerasa bener-bener bersalah, terutama sama pak auzi. Hati kecil aku ngerasa kalau gak masalah ppt itu dikumpul atau ngga, toh kita presentasi tetep pake laptop sendiri. Tapi karena dari pak auzi udah keliatan hopeless, ditambah pak ujang di grup udah ‘ngebilangin’ peserta buat fokus. Aku makin tertekan lah disitu. Rasanya 2 bulan yang udah mati-matian kita persiapin ini, masa konyol banget harus gagal karena aku telat ngirim ppt. Aku minta keep ini dari yasmin, demi menjaga emosi dan kondisi kita masing-masing. Yaudah. Kita diminta siap-siap dan menghadap juri buat klarifikasi soal ppt itu. Abis itu aku mikir skenario apa yang paling memungkinkan buat jadi alesan sama juri.
Sampe di bis aku bener-bener gak kuat, kaya... ah pengen mengutuk diri sendiri kalau emang sampe ini gagal karena aku. Pada akhirnya kita emang harus saling terbuka, harus saling tau kondisi yang sebenarnya terjadi. Dan di bis itu aku bilang kalau kita perlu menghadap juri dan bikin klarifikasi, minimalnya permohonan maaf dan permohonan buat presentasi. Dan tebak apa yang aku dapet dari yasmin “loh, ya emang kenapa kalau telat ngumpulin PPT? Kan kita presentasi pake laptop sendiri, urusan itu masuk ke penilaian atau ngga juga gak ada di ketentuan. Harusnya gak masalah dong. Lagipula, ngga logis kalau sampe ngga bisa presentasi”. Sampe di titik itu yasmin masih bisa kuat dan menguatkan. Gak ngerti lagi hatinya terbuat dari apa. Aku udah sesenggukan nahan nangis, ya akhirnya nangis juga. Aku sempet ngerasa salah karena misiku disini adalah buat presentasi di tingkat nasional, buat bawa isu ini ke orang-orang berpengaruh, buat suarain apa yang ngga bisa disampaikan odamun secara langsung. Jangan-jangan karena misiku Cuma buat presentasi, aku jadi lalai sama kompetisinya, jangan-jangan aku emang bener menyepelekan peraturannya. Aku bener-bener kalut saat itu.
Sampe di telkom, ketemu LO yang cukup tidak membantu, akhirnya aku gemes dan memilih pergi ke ruang perlombaan sendiri. Aku coba tanya sama pic nya dan memastikan kalau ngga ngumpulin ppt itu ‘gak apa-apa’. Dan jawaban yang aku terima adalah, “gak apa-apa, nanti presentasinya pake laptop sendiri kan? Yang penting udah disiapkan biar gak lama. Saya mohon banget, sebelum presentasi, device harus udah siap”. Lega dong. Aku bener-bener lega. Terlepas emang semua keputusan ada di tangan juri. Tapi hal itu bikin aku lega dan ngga perlu mikir gimana mohon maaf sama juri karena kita ngga ngumpulin ppt. Akhirnya setelah itu kita nunggu di lab mulmed telkom sambil latihan. Semua berjalan sesuai ritmenya lagi.
Presentasi berjalan sesuai rencana? Iyak! Jelas yumna sangat memukau, yasmin juga cekatan buat jawab pertanyaan. Ada pertanyaan yang emang kita mikir dulu jawabnya, tapi itu ngga jadi soal, dan selama kita ngerasa bener, jadi yaudah. Aku emang deg-degan dan kebawa emosi, rasanya pas presentasi aku pengen nangis karena aku bawaain cerita para odamun. Rasanya pengen meledak akhirnya aku sampe di titik aku bisa sampein perasaan mereka. Aku sempet lupa beberapa bagian, sempet bergetar, tapi itu bukan hal yang jadi nilai minus buatku. Aku cukup puas sama respon dan ekspresi juri. Sumpa abis presentasi itu rasanya lega, tapi khawatir karena ‘kok jurinya gak banyak tanya’,  bener-bener takut melakukan kesalahan. Tapi gapapa, salah itu wajar. Setelah itu kita balik hotel.
Hari pengumuman, dibilang takut ya takut, dibilang santai ya emang santai. Ada harapan dimana aku pengen semua pengorbananku ini terbayarkan. Aku ngga pengen dapet omongan orang ‘ah udah ninggalin kuliah, tugas, ujian, tapi gak menang juga’ beneran deh aku takut hal itu. Kalau boleh jujur, hari menunggu pengumuman itu bener-bener titik terendah aku. Titik dimana aku butuh sandaran buat sekedar istirahat, dan jadi cewe. Cuma aku gak berani bilang siapa-siapa saat itu. Aku mau chat temenku, tapi kurasa dia lagi sibuk-sibuknya juga. Ditambah malem sebelumnya itu aku cerita soal presentasi dan ppt yang telat, aku cerita kekhawatiranku. Ngga banyak balon chat yang kukirim, tapi dia (mungkin sibuk, karena emang lagi hectic, aku tau) jadi gak banyak nanggepin. Kukira dia udah cukup kecewa sama aku. Untungnya hari itu aku jalan sama yumna. Sebenernya pengen sama yasmin juga, karena pas di bip itu kan ada jonas, pengen foto gituloh, tapi sayang yasmin belum bisa ikutan. Jadi kita jalan bener-bener kaya cewe, yang cari baju dan lalala. Disini aku baru ngerasain perbedaanku sama yumna WKWKWKK 😊
Yumna yang emang udah kepikiran mau beli apa, atau cari apa, itu bertolak belakang sama aku yang bukan anak mall. Bahkan aku takut nyasar wei WKWKK. Aku Cuma berniat cari belt karena aku gapunya dan lagi butuh. Udah itu aja. Tapi emang aku gak ada keterampilan berbelanja dan cari baju sebenernya HAHAHHA. Karena ya, baju-bajuku itu mama yang beliin. Yang aku beli sendiri aku udah pasti belinya ke nevada bagian disney di mall yang itu-itu aja. Pas di bip itu kan isinya outlet lokal gitu, aku bingung muter muter mau kemana wkwkwkk. Lucu-lucu sih, tapi aku ngga lagi tertarik kearah sana. Akhirnya aku merasa aman waktu masuk miniso, terus beli jam thor biar ngerasa kuat. Random banget kan. Ya memang, pusing aku kalau ke belanja-belanja gitu.

Malem Pengumuman
Perasaankku saat itu... aku berharap. Jujur, sekalipun tujuan awalku bukan untuk menang, sekalipun menang itu hanya bonus, tapi kalau udah sampai di titik ini, udah ngga ada permintaan lagi di doaku selain menang. Awalnya biasa aja, ngga deg-degan ngga takut. Yasmin-yumna juga keliatan santai, meski aku paham dalam hati mereka juga merasakan kecemasan yang sama dengan apa yang kurasakan. Selama ini kita dapet feedback-feedback bagus, rasanya belum membuatku merasa aman karena yaa... kita tetap melakukan kesalahan. Karya kita juga jauh dari kata sempurna. Sampai akhirnya tiba di cabang lomba ppl. Aku berdoa, shalawat ngga berani putus, napasku mulai ngga beraturan. Lucunya... sebelum pengumuman, yasmin sempet-sempetnya pengen pake fitbit buat meriksa detak jantungnya, pengen ngakak sih tapi lagi sibuk shalawat heuheu. Kita bertiga pegangan tangan, makin lama makin kuat. Juara dibacain dari juara harapan. Entah kenapa, aku ngga nunggu nama timku dipanggil di juara harapan, 3, atau 2, karena... tekadku juara 1. Kalau boleh jujur, aku gak dengerin siapa yang menang di ke 3 juara itu. Sekarang aja aku lupa. Pas pengumuman juara 1, disitu aku bener-bener berpasrah dengan harap nama timku yang disebut. Dan... alhamdulillah. Dreams come true. Kita teriak, lompat, pelukan, nangis. Udah jadi barang wajib banget emang ketiga hal terakhir itu. Gemeteran aku peluk mereka berdua, kayanya mereka kejedut karena kupeluk. Ah bodo amat. Kita berhasil gengs. Aku bener-bener berhasil mengalahkan diri aku sendiri. Perasaannya aku pengen meledak karena ngga nyangka apa yang udah aku korbankan selama ini berbuah manis.
Setelah cukup tenang, kita jalan buat maju kedepan, masih riweuh gemeteran bekas nangis sebenernya, dan yasmin sempet sesek. Aku ngga nyangka kalau akhirnya aku bisa berdiri di panggung kompetisi bawa bendera IPB, almamater yang selama ini ngga aku cintai, ngga aku banggakan, padahal segitu bagusnya. Sampe diatas panggung, kita masih terisak gitu, itu sih yang kacau, muka kita bener-bener terpampang lagi nangis dan ngelap ingus WKWKK. Seneng. Ngga tau lagi harus bilang apa. Kukira selama ini juara gemastik Cuma ada khayalanku, tapi ini terjadi. Well... Tuhan Maha Asyik.

Pasca Event
Sampe disini rasanya masih ada yang janggal gitu. Bahkan sampe seminggu setelahnya kita masih jetlag, “Ini tuh beneran yak? Kita abis ngapain sih kemaren? Kok bisa?”. Makin dipikirin makin kerasa herannya. Jujur sih di segmen ini yang mau aku ceritain dari sudut personal relationshipnya WKWKKK. Mari kita buka aib-aib banyak orang disini. satu aib dua rebu, jadi siapin aja uang yang banyak buat tutup mulut ok ok ok.

Yasmin
Seorang yang baru kukenal di gemastik ini, keberadaan dia ngga terdeteksi gitu, padahal kita satu lab wehehe. First impression sama yasmin itu... gimana ya? dulu aku gak mikir banyak tentang dia, cuma tau kayanya anaknya pendiem dan pemalu. Fix aku gak bakal cocok. Karena di satu sisi, aku itu pemalu, terus pas ketemu yang pemalu lagi itu kaya berasa harus aku yang berusaha buat pura-pura gak malu. Jadi kurasa aku butuh effort yang besar buat kenal sama dia. Tapi ..... ITU SEMUA BARU PERMULAAN WKWKKK
Karena aku gak tau latar belakang yasmin kaya apa, aku sempet stalking instagramnya tuh. Sempet kupikir dia waktu dulu ngga tinggal di Indonesia. Dan kesimpulan yang kudapat adalah “orang ini dari dulu udah keren, keliatan instagramnya ngga receh kaya aku gituloh”. Oke, orang ini mengagumkan.
Mau cerita pelajaran apa yang aku dapet dari yasmin tapi... mmm.. kebanyakan wkwk. Intinya yasmin banyak memberikan pengaruh di kehidupanku, kepribadian yang keren, dan pengetahuan dia yang luas, itu perfect sih buatku. Dia jadi adik paling manis yang pernah kukenal :)

Yumna
Wagelaseh ini mah! Wkwkk aku gatau mau ngomong tentang apa kalau soal yumna. Kita dulu pernah kenalan pas waktu futsal ppku, di rumah sakit, dan... mpkmb? Entahlah kenal yang cuma kenal aja gitu. Funfactnya sih.. “kita punya mantan calon gebetan yang sama” kayanya itu doang yang nempel di aku HAHAHAHA.
Sebelumnya aku ngga pernah mau satu tim sama cewe, apalagi kalau cewenya riweuh. Dan awalnya, aku pikir Yumna adalah salah satu dari spesies keriweuhan dunia. Ternyata bukan wkwkwk. Susah, seneng, sedih, bahagia, kayanya berhasil kita terjang bersama ya yum. Nginep, boti, begadang udah jadi rutinitas selama 2 bulan terakhir.
Satu hal, aku selalu pengen bisa kaya yumna. Tegasnya, PDnya, cara dia berhubungan sama orang lain, cara dia memposisikan orang lain, kayanya enak banget gitu. Pelan-pelan aku belajar itu semua dari dia. Kalau boleh aku sebut ya, tim kita itu bukan tim. Lebih kaya... saudara (?). Yumna kakaknya gitu loh, pas banget proporsinya. Aku jadi punya adik sama kakak ^^

Bang Fajar
Diem-diem lulusan terbaik fmipa lu, kesel banget gue wkwkk. Beneran aku gak nyangka ternyata selama gemastik ini aku dibarengin sama orang-orang yang hebat. Ini orang ya, aku gak ngerti lagi, dia ngoding udah kaya chatting, chatting sama alien -_- lancar bet lancar, heran aku ada orang yang kaya gini. Lucu aja ngeliatnya tiap kerja sebelahan. Aku ngedesain, dia ngoding, lancar gitu tanpa hambatan.
Awalnya karena aku terbiasa sama anak ilkom yang receh, pas ketemu bang fajar itu agak kaget. Sempet mikir, “wah ini orang bisa masuk jokes aku gak ya” eh tapi ya ketampol juga wkwkk. Kita punya satu topik FGD yang spicy, jadi semuanya berjalan lancar dan seru!

Kagil
Manusia sabar ngadepin aku tapi akhirnya ngambek jugak! Inget gak taun lalu pernah ngajakin aku lomba ux tapi akunya gak bener? Inget gak taun lalu sempet bikin aku hampir ikut gemastik tapi akunya gak bener? Inget gak taun ini ngga ijinin aku ikut gemastik karena finalnya bareng sama SR dan masih ngga yakin kalau aku bakal bener?
Itu semua bener-bener jadi tamparan buatku. Kagil pernah bilang “kalau emang gak serius, mending gausah gemastik, udah SR aja” awalnya aku nakal banget pengen ikut keduanya (ya meski akhirnya ikut dua-duanya juga).
Sebelum ketemu yasmin sama yumna, niat aku buat daftar gemastik udah bener-bener gak ada. Bahkan di malem sosialisasi gemastik aja aku cabut duluan karena udah mikir “yaudahlah fokus SR aja, kagil bener, aku sibuk dan gak jago build tim”. Tapi akhirnya aku ketemu imunitos, lahir thymun, dan aku daftar, sejak saat itu aku gak berani ngehubungin kagil. Aku ngerasa bersalah karena, yha... aku takut aja, aku ikut SR juga gemastik juga. Maruk gitu loh. Ya meski SR jadinya gak total (maaf ya stk).
Lolos penyisihan satu, aku masih diem aja sama kagil. Sampe akhirnya kita ketemu di pameran poster kimia, dan aku mengakui kesalahan. WOE gue menyia-nyiakan kehadiran kagil. Kemaren gue bener-bener pusing soal XD gatau mau nanya siapa, padahal ada UI disener kece dideketku. Sumpa sih itu kesalahan terbesar aku, bukan apa-apa tapi gimana yaaaa... aku ngerasa thymun masih jele gitu desaiinya karena aku gak paham apa-apa soal ui/ux hmmm... makanya aku merasa menyia-nyiakan kagil gitu.
Final, akhirnya doi menjadi mentor desain ppt wkwkk. Seru sih, berasa hebat gitu bisa desain pake ppt, ya meski endingnya aku gak sabaran jadi tetep pake corel sama premiere buat animasi hehe. manteplah, meski gak bagus-bagus amat, itu jadi ppt terniatku.
Pelajaran yang kudapet, please kalau gatau ya nanya. Sejago apapun kamu, gausa merasa jago. Kamu tetep butuh saran dari orang lain. Jangan ngerasa cukup dan aman dulu. Satu lagi, jangan puas setelah ngerasa bagus kata diri sendiri wehehe.

Para fckboy
Karena tim aku cewe semua, makanya aku perlu ekspansi sama tim tetangga demi keseimbangan hidup hehe. Seriusan deh, ilkom itu selalu menjadi target utamaku buat ekspansi (dulu sebelum gemastik). Dari mulai semester 3, alasan masuk bem cuma biar bisa satu lingkup sama anak ilkom. Ambil IMK selain karena suka, juga karena pengen projectan sama anak ilkom, ikut gemastik karena... sebenernya ini ngga juga sih, dulu pengen ikut gemastik karena aku gak suka pimnas, dan emang keren aja kaya anak ilkom. Ah buatku kalau yang ada ilkom-ilkomnya itu autokeren :3
Tapi tunggu dulu, itu sebelum kehidupan gemastik ya, mari kita lihat darksidenya WUAHAHA. Eh bentar, harus kita luruskan dulu di awal kalau aku sedang tidak berniat macem-macem disini. Jadi bagi para cewe-cewenya monmaap ini mah jauhkan pikiran kalian dari niat menghujat aku.
Kenapa aku kasih bagian ini tentang fckboy? Karena emang mereka sendiri yang mendeklarasikan wkwkk. Mereka, ngga semua sih, apa kukenalin aja ya siapa mereka hehe. Disini mulai dari fakhri, joseph, alvin sama faldi.
Mereka anak-anak seru yang sering kugangguin aja sih, bukan siapa-siapa. Dari mereka aku jadi tau gimana kehidupan anak ilkom ‘yang aku pengen tau’, ya meski mereka gak cukup merepresentasikan tapi aku seneng aja. Aku gak berniat jahat atau ngebandingin, tapi.... deket sama anak ilkom kaya mereka, lebih gampang dan enak ketimbang sama anak stk. Gatau kenapa, selama ini emang aku menutup diri juga sih sama anak stk, tapi ya... ehe. Mereka berhasil ngambil hati gue gitu buat bisa baur WKWKK. peran para fckboy disini bener-bener moodbooster waktu gemastik. Mereka yang kasih aku ruang istirahat ‘sebagai cewe’ disaat aku dan tim bener-bener harus kuat berjuang melawan kerasnya dunia gemastik.
Dan pesan dari mereka buatku adalah, “ma, kalau deketin cowo, pastiin cowonya belum punya cewe. Atau gak sekarang mending lu skincare-an aja dulu sana, sambil nunggu yang deketin” bangke emang, untung aku suka mereka. I mean aku suka tipe-tipe fckboy yang emang sejujur itu dan mandang semuanya dengan rasional. Hal terpenting adalah... mereka udah gak mandang aku cewe lagi deh kayanya WKWKWKK. Kusenang. Ya kita tunggu aja sampe cewe-cewe mereka cemburu sama gue, dan satu per satu dari mereka pergi dan ilang~

K
Sebenernya aku takut nulisin ini, tapi pengen. Sedikit banyak, langsung gak langsung, kerasa atau ngga, tapi lu ikut jadi bagian dari rollercoaster ini. Kerasa banget itu mulai dari makrab. Eh sebelumnya bearbrand juga sih. Entah aku ngga ngerti kenapa kita bela-belain buat ikutan makrab, padahal itu lagi hectic-hecticnya. Ya gapapa sih, aku seneng, bener-bener charging sih buatku. Setelah itu, satu hari sebelum aku berangkat. Entah aku yang kebanyakan mikir, atau emang kebawa emosi aja, aku ngerasa kita kaya lagi berantem. Aku sempet nungguin setelah ratek tengah malem buat ketemu, tapi aku gak tega karena kamu pasti cape banget. Makasih karena sempet nebeng gofood, oke nemenin makan tengah malem. Temenin di mcd yang malah tutup. Apalagi ya? Ah lu gak ngapa-ngapain aja udah bikin aku semangat.
Oiyaa setelah submit proposal pertama, aku sempet ragu bakal gak lolos karena videoku ngga sesuai harapan. Dan yang aku inget, kamu bilang “halah, gak yakin gak yakin terus ntar tiba-tiba juara 1 aja”. Itu membekas di aku, lucu sih. Jadi aku aamiinin aja. Dan itu jadi salah satu impian yang bakal aku wujudkan, karena aku gagal di SR. aku bahkan kerjainnya ngasal banget. Maapin yak. Tapi kusuka liat kamu kaya bocah kalem haha. Tapi being badboi is a must!
Sampe mendekati final, aku beraniin buat chat biar dapet semangat. Awalnya gak mau chat duluan karena takut ganggu, serius deh ini mah. Tapi butuh hahaha karena waktu itu sebelum presentasi ada masalah yang bikin aku bener-bener down, dan aku gatau mau cari siapa. Miskin semangat banget emang anaknya :’)
Setelah itu aku gak kabarin apa-apa lagi dan... tau-tau ada yang mention di instastory, curang! Btw itu instastory pertama yang mention aku deh kayanya. Padahal aku mau kasih sedikit kejutan, aku dateng ke SR dan bawain medali buat lu. Ah kesal WKWKKK. Tapi pas aku dateng ke SR malah jadi awkward sih, gatau, riweuh kali ya. yaudahlah. Semangat, SR belum kelar. 
Thanks for being there. 


Ucapan Terima Kasih
Aku tahu, beresiko sekali nulis tentang ini karena kalau sampe ada yang kelewat atau ngga termention bisa-bisa jadi boomerang buatku. Tapi gini, aku bener-bener mau bilang terima kasih buat siapapun (aku ngga bakal sebut orang-orangnya) karena bener-bener semua yang telah membantu bahkan menghujat semuanya memberikan makna dan hikmah yang membuatku bisa sampai di titik ini. Jadi terima kasih semuanya. Sekecil apapun kontribusi yang udah teman-teman berikan buat ngebantu aku bertahan di gemastik ini, itu sangat berharga buatku. Terima kasih sudah berada di titik terendahku, terima kasih sudah membantuku bangkit, terima kasih sudah meredam egoku, terima kasih sudah menerimaku dengan lapang dada. Aku sayang teman-teman semua. Tuhan juga. Semoga semua kebaikan ini kembali pada kita semua.


GILAK! Udah panjang banget yak. Makasih udah pada mau baca sampe disini, kuyakin pada nyesel sih. Gapapa, nyesel aja sok wkwkk. Enakan nyesel baca daripada nyesel gak tau apa-apa. Bhay!





Komentar

Postingan Populer