Dibawah Garis Kehidupan

Nama: Aku
Cita-cita: Manusia dengan ketenangan finansial maksimal

Hidup manusia itu sebenernya apanya sih yang mahal?
Kali ini aku bakal cerita yang gak kalah gak pentingnya dari cerita-cerita sebelumnya, tapi ya mungkin agak berbobot aja dikit. Ini soal kondisi ekonomi dan pengalaman bertahan hidup di bogor. Isinya curhat, bukan tips n trick, aku bukan pakar keuangan, apalagi mbah mbah pesugihan.

Tahun Pertama
Seingetku dulu dapet kiriman 600ribu – 900ribu per bulan. Dan itu cukup. Percaya gak? Haha padahal zaman itu aku masih sering jalan sama ‘Tim Hedon’ (genk PPKU) yang sebenernya hedon gak hedon sih, ya gatau deh, perputaran pengeluaran disini gak normal, kadang subsidi silang, tapi kadang hedon beneran. Ya.. aku sih ngakalin aja semampuku. Terus waktu itu sempet punya cowo, orang bogor juga yang bikin lumayan sering main, jadi yaa.. kurasa dengan income segitu, jadinya pas pasan banget. 
Aku orangnya gak aneh aneh juga sih, gak begitu suka belanja kaya anak lainnya yang hampir tiap sore nungguin paket di post satpam. Sekalinya belanja, aku beli gelang custom couple 28ribuan deh kayanya, yang ongkirnya 21ribu haha. Aku gak begitu merhatiin baju, make up, atau skin care karena emang… gak lagi mikir itu aja. Mikirin gimana caranya kagak kabur juga udah pusing wkwk. Buat makan cukup-cukup aja, buat nyuci juga kadang aku laundry-in. Emang selama tahun pertama itu juga kan kehidupannya asrama-CCR-bara, jadi gak begitu perlu transport.
Waktu itu belum ada pemasukan lain selain dari kiriman orang rumah, dan aku belum suka sama bogor, cinta pertamaku ya pastinya wifi asrama.

Tahun Kedua
Disini aku dapet satu adek les, les desain, lucu banget. Satu kali pertemuan 60ribu kalau gak salah. Jadi sebulan aku bisa dapet 240ribu. Itu udah gede waktu itu, aku bahkan bisa upgrade ram laptop, sama maen ke Jakarta lebih sering (disana ada kakak kelas aku, ya kabur dari bogor aja sih tujuannya). Oiya, perasaan aku juga sempet ke bandung buat wisudaan dan maen beberapa kali wkwkk. Pokoknya tiap bulan itu kerasa lebih makmur aja. Kiriman dari rumah tetep segitu, cuma karena udah pisah departemen sama tim hedon, aku jadi jarang maen. Dan kebetulan gak punya temen maen juga di departemen. Palingan maen sama temen panitiaan atau organisasi. Ada sih bucinan waktu itu, tapi gak menghabiskan banyak anggaran. Karena dia sibuk, aku juga, akhirnya cuma ketemu di kampus buat kerja bareng sampe subuh ckckk. (waktu itu masih kerjain mpkmb).
Pengeluaranku terbesar disini cuma buat laundry, aku jadi laundry tiap nyuci karena ngerasa… waktu sama tenagaku lebih besar nilainya ketimbang uang. Tahun kedua ini sibuk banget gak boong. IP aja sampe anjlok, nasakom anjir hahahha. Nikmat di tahun ini kayanya lebih ke ‘mulai dikenal’ sama banyak orang aja sih. Dari MPKMB awalnya, orang-orang mulai pada tau aku bisa desain. Ya meski masih kurang ajar minta desainin gratis. But isoke.
Disini juga udah mulai lomba, tapi kalah kalau yang beneran. Akhirnya aku lomba ecek-ecek aja yang pasti menang. Lomba yang kadang hadiahnya 150ribu – 300ribu. Kalau banyak juga kan lumayan recehan gitu jadi gede. Tapi penyesalan disini adalah… aku gak pernah masukin lomba ke bitly nya ditmawa. Karena waktu itu malu aja, terus anak stk kan gak ada yang lomba gituan. Ada yang masukin bitly tapi lombanya kan bidang stk, ya apalah aku. Eh pas tau ternyata juara dapet insentif gede, jadi menyesal aku. Bahkan waktu itu selalu ikut lomba gratis karena gak mau keluarin modal. Oiya disini udah punya @contact.designerd jadi ada pemasukan tambahan plus investasi buat modal daftar lomba. Aku gak berani minta departemen, alesannya ya malu, dan kayanya lomba aku dipandang sebelah mata aja sama mereka. Inget banget pas nanya info lomba, jawabannya ‘IPK kamu berapa?’ lah anjir. Hahahahhahahhahha. Itu adalah hal paling anjir yang pernah kudenger. Sejak saat itu aku beneran sakit hati dan gamau lomba ngasih tau departemen atau jajaran perstatistikaan lainnya. Bodo amat, kalau menang pokoknya buat gue. Aku selalu masukin FMIPA atau IPB sih, ya udahlah ya, departemen udah bagus namanya, gak perlu aku.
Project designerd lucu-lucu, dari yang 20ribu sampe 200ribuan ada, eh apa sempet 500an ya lupa. Dari mulai poster tugas sampe branding usaha kecil. Seru aja, seru banget. Gatau juga nih fia krisna ngerasanya kaya apa. Banyak banget pelajaran dari sini sih, kaya gimana cara nanganin client, belajar design yang bener, sampe cara ngatur waktu. Kata krisna 'inget orientasi pengalaman' note di grup pertama kali hahahha. Akhirnya kita gak berkembang gede sih, gitu-gitu aja, tapi kurasa karena kebanyakan orderan masuk juga, soalnya sempet gak kepegang. Sebenernya ngerasa gak worth it juga karena kemurahan, tapi yaaa.. gapapa deh belajar. Tabungan dari sini gak banyak, tapi aku puas rasanya.

Tahun Ketiga
Aku gak ngerti kenapa, tapi di tahun ini kerasa lebih morat-marit dari tahun sebelumnya. Kaya… kok uangku cepet banget abisnya. Padahal disini udah lebih stabil dengan ngajar dan designerd. Meski karena di rumah tahu aku ngajar, jadi yaaa.. pasti ditanya dulu ‘masih ada gak uangnya?’ ya aku jawab masih-masih aja, orang ada kan ya. Eh gini, perlu di garis bawahi kalau ada buatku itu selama di ATM masih ada 200ribu – 300ribu, itu berarti aku masih bisa hidup seminggu atau dua minggu.
Kayanya sih disini aku kebanyakan main, beli barang gak penting. Aku pernah beli roll up keyboard seharga 250ribu, karena bosen maen gitar. Aku beli sepatu karena 2 kali sepatu ilang, dekor kamer, beli printilan ini itu, beli barang custom karena lagi seneng-senengnya ngedesain waktu itu. Lupa, pokoknya di tahun ini ngerasa kaya pemasukan pas-pasan tapi kebutuhan lagi banyak banget.
Sempet ikut program bukafigur juga dari bukalapak buat dapetin beasiswa. Karena ip aku kecil, dan aku gak memenuhi syarat dari kategori ‘bantuan’, jadi agak nanggung buat daftar beasiswa yang tepat sasaran. Eh ternyata bukafigur juga gak lolos. Yaudah gapapa. Aku lupa, tahun ketiga itu uangku abis kenapa. 

Tahun Keempat
Kayanya disini masa kejayaan plus masa kebobrokan gitu deh. Tahun ini ikut banyak lomba, ya Alhamdulillah pemasukannya lancar. Project design kayanya jalan kaya biasanya juga. Sampe sempet fia nyeletuk, aku lupa waktu ke kemenady atau pas ke studente ‘Ma, kerasa ya ada yang berubah. Dari segi ekonomi’ aku yang tadinya gak menyadari hal itu, jadi ikut mikir. Dulu aku sama fia itu kerjaannya ngemper di lorong asrama. Setelah gak di asrama lagi, kita ngemper di tanggut faperta. Dulu kenapa kita gak malu ya wkwkk, banyak tempat lebih cozy dan gratis gitu. Sampe sekarang aku masih nyengir sendiri kalau lewatin tanggut. Dan keadaannya sekarang, kita lebih sering nyari kafe atau tempat makan buat kerja. HAHAHHAHA. Bener juga. 
Kalau soal kiriman dari rumah, jadi lebih gak tentu sih, kadang lebih gede jadi 1jutaan, kadang 500ribuan, itupun gak tiap bulan rutin, jadi sedikirimnya aja. Aku gak pernah minta juga sih, karena ya aku gak ngerasa itu pemasukan utama aku, uangku ya uang yang hasil kerjaan aja. Kalau dibilang kurang ya, ngga juga, tapi cukuplah. Cuma jadinya aku gak punya tabungan aja. Suer deh, ada temenku yang ternyata nabung dari uang bulanannya. Dia cerita kalau, 500ribu dari uang bulanannya dia tabung tiap bulan, selama 3 taun ya kalian kaliin aja lah sendiri. Aku mikir… ya backup orang tuanya gede juga, aku kalau mau diambil sebagian ya bisa kurus kering. Haha gak deng. Emang aku mikirnya lebih ke ‘yaudah cari uang, biar kalau butuh, udah ada. kalau mau pake, gak mikir lagi’. Salah sih gak punya tabungan, karena yaaa.. jadi gak bisa beli yang lebih aja.
Eh tapi, yang bikin aku ngerasa aman adalah.. aku punya dana darurat. Uang desinerd tadinya misah di kita bertiga, tapi akhirnya di satuin di rekeningku ada sekitar 1jutaan, ya meskipun itu gak jelas pembagiannya. Tapi itu sangat bisa menyelamatkan hidupku! Seriusan deh. Aku belajar muter uang dari situ, gak bagus emang merasa ‘punya uang’ karena nantinya boros, tapi aku paling gak bisa kalau udah dihantui perasaan ‘gak punya uang’ uh aku bisa uring-uringan semalem suntuk. Mengutuk diri sendiri kenapa gak lahir jadi anak aburizal bakrie. Disini aku ngerasa pentingnya dana darurat. Bedanya sama tabungan apaan? Gatau. Aku sih mikirnya, kalau nabung kan karena pengen sesuatu. Kalau dana darurat ya kamu simpen aja tanpa alesan gitu.
Di tahun ini juga aku bisa jalan-jalan ke Yogyakarta, ih itu seru banget haha. Lomba paling seru paling asik, karena beneran jadi liburan. Abisin sekitar 600ribuan sih buat 6 malem 5 hari kalau gak salah, hampir seminggu pokoknya. Tentunya dengan tiket kereta didanai IPB dan lombanya menang hehe. Ya meski sengketa pencairan hadiah yang bikin gedek, bikin aku muter otak gila, tapi semuanya terbayar kok. Sebenernya ada satu lomba lagi ke makasar, tapi jujur sih aku gakuat kalau itu. Soalnya biaya tiket pesawat dari IPB gak nutup, dan aku bener-bener lagi gak ada uang, gak ada project karena lagi fokus kuliah, lagi ikut gemastik plus SR juga, yah banyak deh. Sedih sih, padahal aku pengen naik pesawat, terus kayanya seru lawak bareng dicky sama oni, untungnya menang lagi, jadi ketutup wkwk. Itu sih yang jadi beban kalau lomba bertim, aku udah biasa kalah menang, tapi kan gaenak kalau sekalinya sama tim malah jadi kalah gitu.
Dibalik kehidupan yang makmur, ada dark sidenya juga jangan salah. Disini ada masanya HP aku rusak sampe harus ganti, uang di ATM sisa 17ribuan sampe laptop ilang. Wah gila sih di akhir tahun 2019 kemaren. Beberapa lomba menangsih, tapi malah hadiahnya itu gak nutup. Percaya gak percaya, tapi aku itu semakin banyak dikasih uang, semakin ilang dan gatau uangnya kemana. Pokonya saldo di ATM saat itu sempet cuma 1jutaan termasuk punya designerd. Itu masih nyimpen utang segala macem. Kaya utang ke fachri, ke yoiq bekas di yogya. Utang ke fia krisna karena ketitipan uang designerd. Terus sempet utang ke kakak aku karena aku butuh beli HP. Pokoknya saat itu kalau ditotalin utangnya 3 jutaan.
Sebenernya kenapa aku bisa banyak utang karena uangku masih ada diluaran aja sih, di ditmawa, di ugm, di temen belum bayar desain. Nah karena uang itu belum juga ada, jadi pake yang ada saat itu. Dan aku salah perhitungan, harusnya jangan nargetin kalau uangnya bakal cair besok. Jadi kalau uangnya emang belum ditangan, jangan ngerasa ‘punya uang’ (beda kasus ya sama ngerasa punya uang designerd diatas, itu uangnya ada sama aku, meski bukan punya aku semua). Intinya gitu sih. Dan utang itu juga terkendali dengan aman kok, karena emang bukan salahku dan bukan mauku buat nyimpen uang mereka. Cuma kebetulan pusat uangnya ada di aku, jadi aku yang terbebani harus kasih itu semua ke mereka.
Nah terus aku masuk AGP tuh, pelan-pelan ekonomiku membaik, di bulan ketiga aku bisa lunasin utang, dan mikir kalau bulan keempat ditambah simpenanku dari ditmawa (aseli uangku banyak banget dari ditmawa tapi tidak cair-cair haha, insentif kalau ditotal ada 5,5++ itu belum sama reimburse tiket) aku udah berniat februari atau maret bisa punya kamera lah buat ngejob foto. EH taunya di bulan itu juga laptop aku ilang :) gak boong selama yaaa.. beberapa waktu, sebulan kayanya, aku kaya orang gila. Alhamdulillahnya aku dikasih pinjem laptop halimah, tapi jujur, aku gak berani pake buat kerja. Jadi aku berniat pake khusus buat skripsian aja. Tapi ya kadang kalau urgent ya kupake juga, mau gimana.
Setelah laptop ilang, aku beli pen stylus, yang murah 50ribuan doang, yang penting bisa dipake kerja di HP. Disitu aku mulai gencar lagi entah itu nyari lomba atau projectan. Tapi karena gak bisa pake laptop secara intens, gatau kenapa aku jadi lebih sering uring-uringan dan kaya gak bener ngerjainnya. Aku boleh cerita laptopnya halimah, jadi layarnya itu agak kacau, kabel fleksibelnya udah gak normal, jadi harus dibuat sudut yang pas baru itu laptop layarnya gak kesemutan, dimana layar krusial banget kan buat designer, nah makanya aku gak tega. Tapi itu udah alhamdulillah, dan lebih dari cukup buatku saat itu. Cuma aku yang gak sabaran, jadi yaaaa.. emosi aja bawaannya, paling nangis kalau udah cape wkwkk. Ngikut lebih dari 5 lomba pokoknya kalah semua. Bahkan ada yang udah daftar gak sempet submit, kan bego. Tapi jujur, kondisi psikis aku bener-bener kaya orang diputusin pacar, belum pernah kan? Sama haha. Aku pas diputusin jam pertama masih haha hehe soalnya.
Pelariannya aku coba buka commission potrait ilustrasi gitu, satu gambar kuhargai 50ribu/orang tadinya, tapi masih aja ada yang nawar, bahkan temenku anak UI bilang ‘mahal amat, 20ribuan gak sih yang kaya gitu? Kayanya bakal laku. Kecuali kalau followers lu udah 10k tuh baru naikin harga’ tapi yakali gue jual 20ribu, buat makan sehari aja gak nutup. Akhirnya bodo amat, aku tetep pake 50k tapi per gambar. Ya lumayan lah, ada beberapa yang beli random, tapi ada juga yang minta dibuatin gratis buat olshopnya, padahal gue gak kenal haha.
Kondisi disini gak membaik, kayanya kondisi dirumah juga lagi agak kurang baik yang berpengaruh sama bulanan aku, tapi udah lama aku gak pernah minta, jadi aku gak mikirin itu. pokoknya cuma mikir, kerjain apa aja yang sesedikit mungkin pake laptop. Tapi gak ada. Pemasukan disini cuma dari AGP aja, untung gede. Ada masanya uangku sisa 100ribuan di ATM, kan gak bisa diambil tuh, akhirnya aku pindahin ke gopay sama jenius buat transaksi macem-macem, kayanya mutualku udah gak aneh kalau aku apdet cari tempat makan yang bisa gopay hehe. Itu pasti aku lagi seret cash. Pokoknya pasti menjelang gajian dari AGP, 2-3 hari sebelum  gajian, uangku udah abis.
Masa paling mencekik itu saat… Yasmin masuk rs di BMC, tapi ini bukan salah Yasmin sungguh. Aku ihklas dan merasa harus kesana, aku pengen ada buat dia no matter what. Waktu itu kayanya pas uangku tinggal 100ribuan total di ATM sama cash. Dan ongkos dramaga BMC itu.. 35ribuan sekali gojek. Aku pengen naik angkot, tapi gak ngerti ditambah aku gatau BMC dimana. Mau nebeng temen, juga gak tau temen mana yang bisa ditebengin, dan saat itu aku cuma mau nemenin Yasmin, dateng kesana secepet yang aku bisa. Nekat pergi kesana tanpa mikir pake gojek. Pas pulang sempet mikir, kayanya itu pas rush hour juga deh, jadi 42ribuan kalau gak salah. Aku muter otak sampe akhirnya nemu cara buat minta beberapa promo gojeknya amron. Karena di ATMku udah gabisa ngisi gopay, dan amron lagi di lab gak bisa ditinggal, satu satunya cara cuma kirim gopay aku ke dia, eh pas mau transfer gopay, malah gojek aku harus update. Jadi kesel sendiri, akhirnya pake akun aku bodo amat, udah pengen nangis rasanya. Di jalan aku coba tabah.. bener-bener sabar aja. Itu gak semengenaskan karena 2 - 3 kedepan juga aku bakal gajian. Jadi yaaa.. emang gitu siklusnya, jadi aku gak begitu kaget. Cuma kesel aja kali ya saat itu karena cape dll juga.
Terus apa kabar di 2020 ini? Alhamdulillah setelah semua dana cair, UGM, ditmawa, dan bonus printilannya, aku lumayan berkecukupan. Bahkan sempet beli sepatu sama skincare mahal, anjay proud of me lah. Tapi ya karena kehilangan tas itu, aku jadi mulai lagi dari nol segala-galanya. Yaudah jalanin aja. Terus kondisi saat ini banget? Tentu aku belum bisa beli kamera kaya yang udah aku targetin sebelumnya, bahkan kemaren sempet mau diistirahatin sama AGP. Aku sedih sih, tapi ikhlas heals everything. Gak tau kenapa, dengan menerima keadaan aku jadi lebih tenang. Meski ya bar-bar dan mara-maranya gak nanggung-nanggung kalau stress wkwkk. 
Tapi aku bersyukur ditengah pandemi ini, ada rezeki tersendiri buatku. Selain uang-uangan cair, lomba mulai semangat lagi, AGP jadinya tetep lanjut, dan kemarin ada orang baik yang mau ‘investasi’ (gitu aja ya kusebutnya hehe) buatku, aku punya tabungan yang penuh (bebas utang karena uang orang udah kukasih pake uangku dulu waktu itu), dana darurat (punya designerd), dan uang buat kebutuhan lainnya, minimal aku bisa beli kuota sendiri, bahkan 2 bulan ini aku beliin kuota  mama, bayarin cicilan kacamata mama, kaya.. tinggal nabung buat ukt semester 9 haha. Kampret emang ini corona, bisa-bisanya ganggu timeline hidup banyak orang. Semoga kita tetap dikuatkan ya seantero bumi ini.
Hikmahnya coba kalau kemarin aku gak berusaha sekeras itu, coba kalau kemarin aku diem aja mecukupkan diri dengan kiriman dari rumah, aku gak yakin aku masih waras sekarang. Karena aku mikir, anak-anak yang gak punya penghasilan, dan selama kuliah kemaren ngandelin kiriman orang tua, pas di rumah gini dapet kiriman gak ya? Aku pasti ngga soalnya heuheu. Kayanya dari SD, SMP, SMA, juga gak rutin dikasih uang jajan soalnya. Lebih sering pake uang sendiri yang dikasih atau hadiah lomba (emang anaknya danusan banget ckckk). Gimana lagi kalau mereka yang emang beneran gak ada pemasukan kalau gak keluar rumah? I mean wfh yang ada di tv cuma nayangin mereka yang hidup enak di rumah. Kalau aku boleh katain, aku pengen ngomong anjing aja sih. Gatau kenapa, hidup ini keras pisan aseli. Aku gak bisa bantu karena ya, urusan finansialku belum selesai. Aku seneng karena ada manusia lain yang bisa bantu, aku salut sama mereka yang 'udah selesai'sama urusan finansialnya dan bisa meneruskan kebaikan jadi perpanjangan tangan Tuhan. Sumpa, sejauh ini yang aku belum bisa emang bantu orang dari segi materi (materi dalam arti uang dan pengetahuan statistika wk). Dari yang lain, insyaAllah aku bakal bantu sebisa aku.
Terus gini balik lagi, buatku aku baru bisa hidup tenang setelah urusan finansialku aman. Makanya, kadang aku sempet iri liat mereka yang jalan hidupnya mulus, kadang aku dalem hati nyinyir 'iyalah dia berjaya, dia gak perlu mikir kan seminggu kedepan makan apa, masih punya duit pegangan buat jaga-jaga atau ngga'. Tapi ya yang begituan cuma jadi bumbu kehidupan aku aja sih, gak aku perpanjang, paling banter jadi trigger. Buat quote yang bilang 'selama kita merasa cukup, pasti dicukupkan', kayanya gak berlaku buat manusia kaya aku deh, karena pasti tetep mau lebih. Bukan matre, ini uangku, hidupku, terserah aku. 

Jadi hidup manusia apanya yang mahal? Uangnya.

Komentar

Postingan Populer