Uang


“Males mikir judul. Ini juga nulis buru-buru karena sebenernya masih dikejer-kejer rentenir. Cuma gak tahan, ini terlalu gemes buat jadi monolog doang.”
– aku, dan segenap kemageran.

Kayanya ini narasi paling jujur selama blog ini hidup, gatau kalau nanti bakal ada lagi. Kali ini Cuma bakal bahas tentang uang, sama waktu sih sedikit. Tapi waktu juga uang. Jadi tetep aja semuanya uang kan!


Aku lupa sejak kapan aku mulai sensitif sama uang. Mungkin sejak pegang uang sendiri, atau setelah punya penghasilan. Entahlah. Rasanya makin kesini makin sayang sama uang. Oke oke langsung ke inti, aku buru-buru hehe. Jadi, kadang aku suka gemes sama somepeople yang kurang bijak mengelola keuangannya 😊 (if you know what I mean). Aku rasa, saat ini belum saatnya aja gitu. Belum waktunya kita ongkang-ongkang kaki, karena emang yaaa.. belum ada yang dinikmati. No offense. Terlepas dari background dia seperti apa ya, aku ngga bahas anak sultan disini.
Aku gak mau omongin orang lain, aku bahas diri sendiri aja. Jadi 1 bulan terakhir ini aku lagi bener-bener pegang uang sendiri. Sebulan yang lalu, dalam kurang dari 10 hari, ternyata aku udah habisin uang Rp 1.200.000,- lebih agak banyak. (ini ngga ngomongin karena aku di jakarta sekarang). Meskipun kita ngga bisa nilai dari nominal, karena menurutku dia relatif. Angka segitu kalau buat hidup ya dikit, tapi kalau buat jajan ya bisa dapet bakwan 7 keranjang. Nah masalahnya disini adalah... aku gatau itu uangnya aku pake apaan. Ini serius. Tapi jelas aku pake, tapi sebanyak itu loh, dalam waktu yang sesingkat itu. Gimana aku ngga stress dan jadi pelit. Shock.
Setelah kejadian itu, dan kebetulan aku lagi di jakarta, aku mikir gimana caranya menghindari pengeluaran yang ngga worth it. Kususun strategi, tapi tetep aja hal itu ngga mulus sesuai perencanaan. Ada aja yang bikin jajan. Gimana caranya menolak ajakan dengan halus, lebih ke pelit sih ini mah udah bukan hemat. Dibalik itu semua. Emang aku ngga bercita-cita jadi orang kaya sih, karena relatif HAHAHA. Aku cuma pengen bisa jajan dan jalan tanpa mikir dan hidup seenaknya. Dah gitu.
Satu hal lagi yang bikin gemes itu waktu. Kebanyakan, oke hampir semua orang yang sekamar sama aku, atau nginep atau menjalani sehari dua hari sama aku, mereka pasti bilang:

“Ternyata kamu sibuk banget ya. Dari tadi gak ada berhentinya.

Nah ini nih yang bikin aku heran. Bukannya aku sok sibuk, bukan nya aku ngambis, tapi dengan kaya gini aja aku belum dapet apa-apa. Katakanlah aku sibuk sana-sini tapi achievement aku nol. Gimana lagi kalau aku diem aja rebahan sambil nonton koreya? Astaga... bahkan aku ngga kepikiran. Bukan artinya aku gak pernah males-malesan. Beuh... belum tau aja aku berantakannya kaya apa wkwkk. Tapi tetep balik lagi, ini belum saatnya loh. Belum waktunya kita ongkang-ongkang kaki. Tapi ya.. cape loh dikatain gitu, kalau kamu mau gabut, gabut aja deh sana. Gausah singgung aku yang sok sibuk. Itu mah karena kamunya aja yang kegabutan. He he. Kadang aku sampe berlaga sok gabut biar ngga dikatain, bilang lagi ini padahal masih harus itu. Ngga enak sih dan ngerasa bersalah. Tapi aku males dipandang sok sibuk sama orang gabut.
Aku suka kok main, tapi ada waktunya. Aku juga nonton drama koreya kok, tapi ngga tiap hari. Aku paling gemes mereka yang suka bilang “duh mau ngapain ya, abis ini ngapain ya, pengen apaya” tapi abis itu berujung dengan buka youtube nonton korea lagi. hei.. yang bisa dikerjain itu banyak loh. Banyak banget dari diri kita ini yang bisa diexplore. Mungkin jiwa orang beda-beda ya, ngga kaya aku jiwanya yang dora banget, the explorer. Cuma sayang aja gitu liatnya. Kamu tuh masih muda :’)
Kadang aku sempet iri sih, bukan iri, apa ya namanya. Kadang aku lihat temenku yang selesai kuliah (atau sekarang pulang kerja) sampe kamar, beres-beres, abis gitu nonton youtube aja malah bisa sampe pagi. Beli makan tinggal pesen gofood aja. Enak sih keliatannya. Tapi... life cost dia gede juga ya. eh bener gak sih bahasanya wkwkwkk. Kusebut gede karena jajan dia gede, males-malesan dia juga gede, kaya hidupnya penuh pengeluaran gitu. Ya aku juga sih, ngga menghasilkan apa-apa sekarang ini. Kayanya hidup mereka enak banget gitu. Tapi... ah entahlah, mulai lagi kan aku ngebandingin hidupku sama orang lain. Aku cukup menikmati hidupku kok. Malah 24 jam rasanya kurang, sarana yang aku punya (salah satunya materi) aku rasa kurang juga. Dasar ya manusia, susah banget belajar bersyukur.

Conclusionnya setelah nulis ini.. hatiku lega. Beneran deh. Aku nulis cuma mau ngerasa tenang. Tenang karena aku udah sampein unek-unek, aku gamau ngeluh lama-lama. Dan satu lagi, kalau kalian masih ngerasa gabut, percaya deh “you can’t recycle the wasted time”. Jangan sampe nyesel, sungguh aku nyesel karena smp, sma, ppku aku menggabutkan diri. Sekian. Aku udah ngaret 30 menit dari janji diskusi aku di grup sebelah. Bhay. Semoga harimu menyenangkan, banyak waktu dan banyak uang.

Komentar

Postingan Populer