Minimarket Effect: a simple happiness hacks


19:30, waktu Indonesia bagian aku mulai lowbatt, sebenernya ada dua kemungkinan buatku di jam segitu. Pertama, aku baru mulai kerja dan lainnya kerjaanku udah selesai terus otw pulang. Tapi percaya deh, di jam segitu aku pasti lagi cape-capenya. Peralihan energi dari sibuk ke santai, atau dari santai ke sibuk, rasanya sama aja buatku. Berat. Isi kepala dan mood bener-bener berantakan. Cape disini bukan secara fisik loh ya, pikiran dan hati juga. Sekalipun kerja itu buatku yaaaa.. bukan kerja dalam arti sebenarnya (terserah temen-temen mau mendefinisikan apa). Di jam segitu aku pasti cari pelarian buat benerin mood-ku.

Ketika orang-orang yang suntuk di pekerjaannya memilih untuk pergi ke tempat lain (e.g. coffee shop), aku lebih memilih minimarket sebagai sweet escape-ku. Kubaca dari sebuah penelitian, noise di coffee shop itu cocok buat meningkatkan produktivitas seseorang. Mungkin ada diantara temen-temen yang merasa lebih enak ‘kerja’ di coffee shop, ya itu alasannya. Noise, suasana ramai, sebesar 80 desibel itu ternyata angka yang tepat untuk membentuk fokus manusia. Tapi ternyata, ketimbang coffee shop, aku lebih suka ke minimarket. Jelas bukan buat nongkrong apalagi kerja, cukup mampir aja gitu. Terlepas dari aku emang gak suka kopi dan manusia, jelas alasannya kenapa aku pilih minimarket.
Mulai dari perjalanan ke minimarket, ngeliatin angkot sepanjang jalan, nguping obrolan mahasiswa ‘makan dimana ya malem ini’, sampe merhatiin ibu-ibu yang lagi quality time sama anaknya di teras rumah. Apalagi kalau ada ondel-ondel, berasa masuk film pendek Anatman soal kekayaan budaya yang miskin itu. (hati-hati dari kalimat awal sampai barusan mengandung kadar sarkasme yang tinggi). Yaiyalah, 19:30, rush hour, dramaga macet, manusia udah tinggal badan sama emosi doang gak ada otak. Gak ada sama sekali kedamaian yang tersisa, sungguh itu menambah tabungan mood jelekku.
Sampe di minimarket, semuanya berubah. Aku berasa masuk dimensi lain (oke ini lebay tapi bener). Suasana disana mampu recharge moodku yang tadinya ambruk jadi memaksa aku buat senyum. It works! Moodku kembali baik. Beberapa penyebabnya bisa jadi dari lagu yang diputer disana. Sekalipun itu bukan lagu kesukaanku, kadang relate sama perjalanan hariku saat itu. Mungkin ini 80 desibel-nya minimarket kali ya. Tapi yang lebih mengubah perasaanku adalah... perilaku pembeli lainnya. Aku ketemu orang yang ngga pernah sama setiap aku masuk, dengan tingkah yang beda setiap aku ketemu.
Kadang ada anak kecil yang ngerengek minta jajan, ada anak bayi dalem stroller yang ngajak senyum, ada mba-mba yang bingung mau beli sampo apa, ada ayah yang kepikiran anaknya di rumah akhirnya beliin jajanan, ada kakak yang ngebujuk adeknya buat nuker jajanan, sampe ada mas mba kasir yang jutek. Entah kenapa, mengamati perilaku mereka bikin aku jadi senyum-senyum sendiri. Self healing gitu. Aku tahu ini gak bakal dirasain sama semua orang, bahkan yang udah cape baca sampe sini pun bakal bilang ‘apaan sih, gitu doang’. Aku gak peduli, yang penting mood-ku balik.
Setelah aku cukup bingung dengan minimarket effect ini, akhirnya malem ini kutemukan jawaban kenapa dia seberpengaruh itu terhadap perbaikan mood-ku. Interaksi. Iya jawabannya interaksi, aku bisa seharian ngga berinteraksi sama manusia. Atau gini deh, interaksiku cuma sebatas formalitas. Atau interaksiku sebatas hal yang menuh-menuhin isi kepala. Aku ngga bener-bener ada, aku ngga merhatiin mereka, aku ngga menanggapi dengan sadar. Dan ketika aku memutuskan ke minimarket adalah puncak dimana aku butuh ketemu dan jadi bagian dari semesta. Refleksi diriku yang menyebalkan dan menyenangkan ada didalamnya sekaligus. Pasti gak nangkep apa yang aku omongin kan, gapapa.
Sepulang dari minimarket, secape apapun aku, atau senumpuk apapun pekerjaan yang harus keselesaikan malem itu, rasanya... itu gak mengganggu pikiranku lagi. Cukup 3 menit di dalem, udah bikin aku kembali hidup. Sereceh itu kepalaku.

Komentar

Postingan Populer