Pencarian Pelarian

Habis nonton konser onlinenya pamungkas di live youtubenya asumsi, jadi pengen nulis. Dibaca tipis-tipis aja, gak perlu dimasukin ke dalem hati. Ini cuma gak sengaja keingetan obrolan pendek di meja mcd malem itu.

“emang lu gak ada kepikiran buat I love you but I’m letting go aja gitu?”
“udah. sama lu”

Obrolan itu gak sengaja jadi obrolan serius sekitar 10 menitan (sebelum akhirnya kita sibuk masing-masing lagi). Berawal dari beberapa hari sebelumnya aku iseng chat “hei, aku mau ngobrol serius”. Respon yang kudapet jelas aja becandaan balik, gak bakal ada yang nyangka aku bisa bahas hal serius tentang beginian. Chat itu juga gara-gara temenku nyeletuk bilang, “ini gak ada yang mau lu seriusin, ma?” abis itu randomly aku pilih buat chat orang yang paling memungkinkan. Eh itu gak random ya ehe.
Awalnya sampe di mcd yaa kita kerja, basa-basi mau pesen apa, riweuh makan, terus ditengah-tengah muncul pertanyaan, “kemarin kenapa?” terus dengan santainya ya aku ceritain aja, “kemarin ada temenku tanya bla bla bla, yaudah terus aku chat lu aja”. Sumpa ngebaca sampe disini pasti ngerasa dimainin ya? Gak gitu. Kita udah biasa blak-blakan kaya gitu kok, ketimbang kode-kodean akhirnya mispersepsi. Ini bukan pertama kalinya buat kita saling jujur, atau saling tanya sih tepatnya. Mungkin bagi sebagian orang ini bikin awkward, tapi buatku ya ngobrol jujur dan terbuka itu kuncinya kalau mau hubungannya langgeng. Hubungan apapun itu. 
Akhirnya, kita ngomongin beberapa kandidat teman dekat yang mungkin bisa ‘diseriusin’. Apa aja pertimbangannya, karakter, latar belakang sampai agama. Kita berputar muluk-muluk tapi kriteria tadi balik ke satu sama lain. Beberapa sisanya penyangkalan doang deh kayanya. Apalagi sih yang kita cari? Kita malah heran kenapa orang-orang kok cepet banget menemukan ‘dia’nya. Itu gak sengaja ketemu dimana apa gimana gitu, kayanya buat kita sekalinya ketemu ada aja barriernya gitu. Temen deket ada, beberapa juga berpotensi baper, tapi yang kita mau gak ada disitu. Yang kita mau malah... ah sudahlah (akhirnya keluarlah dialog pembuka diatas)
Kadang aku mikir, ini salah siapa sih? Beberapa kali aku ngerasa aku belum butuh dan belum ada waktu buat ngurus beginian. Meski kadang pengen, jujur deh, sendirian mulu juga garing. Tapi aku lebih percaya waktu yang tepat ketimbang orang yang tepat. Gimana jadinya kalau emang, ya bukan kita orangnya. Gini, aku bukan orang yang dia cari, dan dia bukan orang yang aku cari. We’re just click, tapi gak buat sama-sama. Aduh aku pusing jelasinnya. Singkatnya bukan dia yang ada saat aku bener-bener butuh seseorang, dan bukan aku yang dia cari buat meredam emosinya. Kita sama-sama pelarian. 
Sampai keluar omongan, “aku mau cari seseorang yang gak cemburu sama lu”. Hening. Kenyataannya gak mungkin ada. Dari situ kita sama-sama belajar merelakan. Banyak hal yang kita simpan rapi untuk melihatnya pergi dengan bahagia.

Komentar

Postingan Populer