#txtdariteman_1: Romantisasi


“Kita yang jalanin, orang lain yang repot”



Kayanya aku selalu punya masalah pertemanan sejak SD. Antara aku yang aneh atau emang gak cocok aja sama lingkungannya. Kalau dihitung-hitung, akhirnya cuma ada satu dua orang yang bertahan jadi ‘temen beneran’ sampe sekarang. Aku gak begitu nyaman sama mereka yang cenderung posesif. I mean, kalau udah temenan yang harus sama itu terus. Aku lebih suka lompat sana lompat sini. Jadi banyak temen tapi jadi bingung karena gak ada temen yang bener-bener deket akhirnya. Di kampus juga gitu.

Lama kelamaan jenuh juga, entah cape atau mulai butuh temen deket saat ini. Sampai aku ketemu seorang yang kurasa cocok sama aku. Kebetulan dia laki-laki. Kebetulan juga kita ada ‘PR’ bareng, jadi sering ngobrol dan ketemu. Kebetulan juga dua-duanya emang aktivis sosmed jadi sering upload apapun. Kebetulan dua-duanya suka nongkrong di kampus. Kebetulan lagi dua-duanya gak begitu deket sama departemen masing-masing. Yaudah deh, kebetulan itu secara disengaja bikin kita terikat.

Sebulan, dua bulan, tiga bulan masih aman. Jalan bulan selanjutnya, orang-orang jadi rame cie-cie-in. Jujur, heran, kenapa jadi gini, perasaan kedekatan kita ini biasa aja. Okelah interaksi kita berdua emang lebih intens dibanding sama temen lainnya, tapi obrolan kita sama sekali gak kaya orang lagi PDKT. Disini udah mulai risih sama anggepan orang-orang tentang kita. Aku gak berani ngajak jalan, dia juga gak pernah ngajak jalan. Pernah sekali dua kali janjian, tapi ada aja yang bikin kita gak jadi pergi. Dia gak pernah sengaja meluangkan waktu buatku, aku juga ya seadanya waktu aja.

Sampe akhirnya kita kalau lagi bareng gak pernah meninggalkan jejak digital, gak berani buat foto berdua, gak enakan satu sama lain. Aneh banget. Setakut itu kita ketauan jalan bareng sama orang-orang. Kita pernah janjian makan, tapi aku gamau di bara, bukan soal gengsi, tapi takut ada yang liat. Bahkan, kita sering pengen ke mcd, tapi aku selalu minta ke mcd semplak haha. Imbasnya senyebelin itu loh. Padahal aku bukan siapa-siapa, dia bukan siapa-siapa, tapi netijen teh beneran jahat siah. Kadang aku kesel, kalau sama orang lain aku bisa bikin story seru-seruan, giliran sama dia duh boro-boro mau seru-seruan, keliatan konten storynya sama padahal gak munculin satu sama lain aja rame. Heran aku. Apa ini aku yang terlalu lebay menyikapi mereka ya?

Hal paling lucu dan krusial adalah, karena kita berdua terus. Kita berdua jadi jomblo heh!

Gak deng hehe. Itu mah karena emang belum nemu aja. Aku nemu sih, tapi gak dinotice jadi yasudah haha. Oke kalimat barusan hanya intermezo. Sampe ada orang iseng nyeletuk,

“yaudah sih, sama dia aja”

Tapi kurasa gak semudah itu, karena untuk bertahan di titik ini, sampe akhirnya kita sama-sama tahu kalau bukan dia yang aku cari, dan bukan aku yang dia cari, itu gak mudah. Pertemanan kita langgeng ya karena kita menikmati masing-masing dari kita sebagai teman. Memang bohong kalau pertemanan ini mulus tanpa baper atau romansa lainnya, tapi kita sadar ternyata itu cuma kesalah pahaman. Kita gak nyaman dengan hal itu, jadi kalau dirasa udah terlalu jauh bersinggungan kesana, pasti ada cek-cok kecil diantara kita. Pasti. Kita cukup terbuka atas perasaan satu sama lain.

Setelah hampir di tahun ketiga kita temenan, akhirnya ada yang berani kita ungkap. Dari dulu aku sadar, tapi gak mau ambil pusing. Ternyata privasi jadi barang mewah sekarang, terutama buat kita berdua. Udah cukup cape dengerin apa kata orang, cape juga buktiin hal yang mereka gak pernah paham. Pertemanan ini gak mudah buat kita kalau terus mikirin apa kata orang, udah terlalu banyak yang kita korbankan demi memuaskan omongan orang. Kurasa sekarang waktunya kita benar-benar menjadi kita, sebelum kita berjarak, sebelum kita memutuskan untuk beralih, sebelum kita benar-benar harus meninggalkan satu sama lain.

Komentar

Postingan Populer