#txtdariteman_3: Ambisi



“Pengen punya pacar, tapi kalau udah punya terus diapain?”

Gak tau kenapa kemarin sempet galau soal ini, padahal gak gabut tapi masih kepikiran aja. Bahkan sampe gak kelarin kerjaan 2 hari, bayangin gimana keselnya aku. Akhirnya chat panjang isinya marah-marah sama temenku.

Bahasannya simpel, kaya kenapa ya sekarang ini aku ngerasa pengen ditemenin seseorang padahal aku gak butuh-butuh amat. Kadang sih, kadang liat cowo mainin gitar buat cewenya itu bikin kepengen, atau ada yang gambarin cewenya, atau bikin sesuatu deh buat cewenya, bahkan sekedar mentionan di komen atau kolom reply, aku bisa melting sendiri melihat ke-uwu-an orang lain. Kaya… eh gak ada loh partner yang bisa aku gituin? Tapi kan… kalau gak ada pun aku bisa lakuin itu sendiri (?) iya gak sih, I’m fine. Selama aku bisa kerjain sendiri kayanya juga aku bakal kerjain sendiri.

Mungkin ada beberapa temenku yang emang jadi partner ke-uwu-an-ku. Tapi sebenernya aku juga ngerasa gak enak, untung aja mereka masih solo karir. Aku tahu, kalau mereka ada cewe juga ntar mereka ilang sendiri, mereka pergi lah sama cewenya. Aku paham dan cukup menghargai itu. Karena saat ini buatku ya cukup seperti itu. Aku nyaman, mereka nyaman, berarti gak ada masalah. Tapi mau sampe kapan? Mau sampe kapan aku ngerepotin cowo orang, kasarnya gitu sih haha. Parahnya kadang beberapa orang yang liat kebersamaan aku dan temenku malah jadi bikin suara-suara sumbang kaya dibawah ini:

“ih sama si itu aja”
“kenapa gak sama si ini aja sih ma”
“emang kamunya gimana ma? udah jadiin aja”
“aku ngerasa kamu cocok sama dia siah, ma”

Nih ya, masalahnya.. si ini si itu si kamu si dia juga gak ada yang bener-bener ngedeketin kaya yang orang-orang liat. Ini antara aku yang terlalu match sama semua pihak atau emang orang-orang cenderung meromantisasi segala interaksi yang terjadi. jadi orang-orang ngerasa bagian uwu-nya doang. Kalau ada yang beneran dateng dan setulus itu sama aku ya, mana ada aku nolak sih haha.

Aku merasa beruntung jadi ‘aku’ yang cukup lumayan bisa berbaur dengan santuy. Tapi ngerasa rugi juga karena ya pada akhirnya semua standar aja outputnya. Gak ada yang lebih dari temen. Malah yang ada bikin segmentasi pertemanan yang banyak banget, kaya aku jalan sama si ini, makan sama si ini, kerja sama si ini, ke event sama si ini, bagiku ini cuma cocok-cocokan dan masalah waktu luang aja kok. Duh kaya banyak banget kan pilihannya padahal mah gak ada satu pun yang bisa dipilih. Sempet aku ngerasa, boleh gak sih aku punya yang all in, satu aja cukup asal dia sepaket bisa aku fit sama aku dimana pun kapan pun ngapain pun.

Jujur deh, aku pengen banget bisa jadi ‘seseorang’ buat seseorang. Aku seneng kalau aku bisa nolong, bisa bantu, bisa sedikitnya meringankan beban dia, bisa dengerin keluh kesah dia, sederhananya aku mau jadi tempat yang nyaman buat seseorang juga. Seru aja, bisa sama-sama berjuang dari nol, sama-sama belajar, sama-sama haha hihi. Aku lagi dalam fase itu sih kurasa. Lebih ke pengen nemenin ketimbang ditemenin. Sampe pernah segemes itu waktu temenku lagi keliatan cape-capenya, sampe pengen aku usap kepalanya terus teriakin “woy lu punya gue buat apa dianggurin, sini peluk”. Tapi mungkin aku bukan orang yang dia cari untuk mendapatkan ketenangan itu.. aku bisa apa. Feeling unwanted itu jadi hal tersedih buatku. Makanya aku cukup hati-hati menerapkan ini buat seseorang.

Oke balik lagi ke akunya, sempet terpikir buat deketin seseorang. Sumpah HAHA. Aku emang tipe yang males aja harus gantung-gantung gak jelas. Biasanya aku langsung make it clear dari awal, kita jalan sebagai apa, maksud aku kaya gini apa. Kalau pun gak aku utarakan dengan kata-kata, pasti kutunjukin sikap aku yang emang dengan jelas bisa mereka baca (jir mereka kaya banyak banget, padahal emang). Nah, sampe saat ini ada satu orang yang berhasil memenangkan aku buat terus menikmati flownya. Ini juga karena aku gak berani sih, karena latar belakang kita beda, aku ngerasa ada gap sosial aja, dan hal ini yang gak bisa aku toleransi. Makanya aku terkesan gak mau maju, tapi gak mau ngelepas juga. Biar dia baca sendiri, toh gak aku coba buat tutupin juga. Bersambut atau ngga itu urusan ntar.

Tapi balik lagi, masih ada pertanyaan di kepala aku yang menggebu-gebu nunggu jawaban

“Is he the right one?”
“am I good enough for him?”
“Is it love or another shape of loneliness?”

Karena.. sampe disini aku masih gak paham apa yang aku mau, oke aku mau dia. Tapi buat apa dan sebagai apa, aku gatau. Dan apa dia juga mau?



Komentar

Postingan Populer