#txtdariteman_2: Arogansi


“Siapa aku di IPB”



Sejujurnya, aku kebiasaan sering mandang apa yang ada di depanku itu sebatas ‘cuma’. seriusan deh, sering banget aku bilang

“Itu cuma Spirit. Itu cuma IAC. Itu cuma OMI. Itu cuma Papresi. Itu cuma MPKMB”

Mungkin aku kurang mengapresiasi itu semua, tapi percayalah teman-teman… buatku itu bukan sesuatu yang belum cukup membuatku merasa keren, ini cuma kebetulan apa yang aku punya sesuai sama bidangnya kan? Oke kita bahas.

Dari mulai Spirit, kebetulan aku bisa renang, kebetulan fmipa di jamanku gak ada atlet, yaudah menang. Aku gak lebih baik dari kak aul, kebetulan aja gak ada yang lebih baik dari aku di fmipa. Kita maju OMI, aku jatuh di nomor kesekian juga kan? Selanjutnya, Spirit desain poster, jam terbangku lebih banyak dari kompetitor lainnya saat itu, yaudah menang. Aku gak lebih baik dari kak aufa, kebetulan aja selera juri ada di karya aku. Kita maju IAC, aku jatuh di nomor kesekian juga kan? Aku kenal baik tiga terbaiknya dan mereka memang kompeten.

Papresi nih? Ini yang paling lucu. Di masa ini ada 3 event bersamaan yang lagi kujalanin, itu SR, Gemastik sama lupa satunya apa. Kebetulan waktu lagi ngerjain SR, partner timku lagi ngurus GAN, itu awarding FMIPA. Jadi waktu itu kita ngisi data-data nominator, aku bantu cari data juga, bantu ngelist juga, malah aku ngisi punyaku sendiri ngedikte-in ke dia. Oke sampe disitu. Singkatnya aku gak lolos GAN, padahal aku nominator Papresi. Lucu kan lucu kan? Aku gak paham sistemnya kaya apa, jujur. Kebetulan disitu aku lagi bareng temenku yang nominator juga. Malah kita berdua bingung kenapa bisa masuk nominasi. Dan kebetulan lagi, kita lagi bareng sama mbak ditmawa. Mbaknya bilang,  

“Saya juga kurang paham gimana seleksi mereka, harusnya dinilai berdasarkan daftar prestasi yang diisi ke ditmawa” (aku lupa webnya apa, bukan simak).

Aku lupa mulu mau ngisi itu, jujur deh. Jadi harusnya, prestasiku masih kosong. Tapi kalau soal Papresi, karena beberapa nominator aku kenal juga. Khususnya buat nominasi aku kayanya emang dinilai berdasarkan peraihan dari lomba yang pernah diikutin (kayanya). karena.. buat bidang seni sendiri yak, ada beberapa kandidat yang lebih ‘nyeni’ dari aku. Kebetulan aku rajin ikut lomba, temenku ngga. Kalau dia ikutan juga kurasa dia menang-menang aja.

HAHAHHAHA aku sombong diatas karena sejujurnya aku insecure parah disini :(

Sejujurnya lagi, aku takut akan ekspektasi yang orang-orang punya atas aku setelah pencapaian yang aku raih kemarin. Sampe sekarang aku masih kagum sama anak IAAS, anak AIESEC, anak ICO, Presma, Duta, bahkan Kahim. Entah kenapa buat aku mereka itu keren, wawasan mereka luas. Aduh aku jatuh cinta telak sama orang pinter. Serius deh. Bahkan aku sampe gak berani bergaul sama mereka, karena takut kebanting. Mereka jadi kaum yang aku hindari di kampus. Aku bakal jalan nunduk kalau ketemu mereka, sekalipun beberapa ada temenku ya… kalau lagi pake atribut ‘itu’ aku gak bakal nyamperin mereka.

Kegagalan-kegagalan di tahun pertama, cukup buat aku sadar kalau aku memang bukan siapa-siapa dan gak punya apa-apa. Gagal dapet A di tes TOEFL aja aku langsung sedih. Kayanya aku dulu suka banget nulis bahasa inggris, tapi ternyata kemampuanku itu gak ada apa-apanya. Aku gagal di IAAS, aku gak berani daftar AIESEC, gagal di FORCES, oke aku minder seminder-mindernya saat itu. Akhirnya ikut UKM Futsal, seru, aku suka, tapi merasa gagal karena gak bisa gaul sama atmosfernya. Aku kurang gaul, serius deh, bukan soal skill, ini soal asik-asikan. Bahkan aku bukan orang yang asik buat diajak maen gitu loh.

Aku tahu dan aku sadar kapasitasku seperti apa. Saat ini rasanya euphorianya terlalu mewah buatku, bukannya aku gak bersyukur, bukannya aku gak bangga, apalagi sombong karena bilang semua itu ‘cuma’. Tapi teman-teman.. aku sama sekali gak merasa aku bener-bener layak dapet penghargaan di bidang ini semua. Aku lebih suka aku gak terkenal atau dikenal. Aku gak mau jadi sorotan banyak orang. Aku gak berani kalau harus berdiri di depan menghadap mereka.

Kurasa puncaknya kemarin di instagram MPKMB. Pembahasannya soal logo, sederhana sih, karena mirip. Biasanya aku gak peduli, karena bukan aku banget untuk muncul di publik. Tapi karena aku gabut, jujur aku nyesel gabut dan malah ngeladenin mereka, aku jadi ikut komentar disana. Eh tau tau jadi top comment untuk beberapa waktu. Kaget. Jujur, aku gak expect orang bakal merhatiin aku. Siapa sih aku, seberapa pengaruhnya sih komentarku buat mereka, kenapa sih harus aku. Sampai akhirnya aku dapet dm.




Terus nangis haha. Gilak seharian gak bisa tidur, bukan semaleman lagi. Dari sebelum saur sampe saur sampe pagi sampe ke buka nya lagi.

Bisa-bisanya aku dapet dm kaya gini, pasti orang yang baca komentarku sakit hati bukan kepalang kan? Disitu aku ngeras bener-bener bego karena udah berani muncul di publik. Aku makin mengutuk diri sendiri karena makin ngerasa, aku gak sesuai sama ekspektasi orang. Emang bukan salahku, mereka terlalu liat aku sebagai juara ini, juara itu, mapres ala-ala, menang ini, menang itu. Akhirnya aku paham tentang algoritma komentar kemarin. Ini bukan tentang apa komentarnya, tapi tentang siapa yang komentar. Ada hal kotor di kepalaku yang berbisik, gak mungkin ‘orang itu’ gak kenal sama aku, dunia kita cukup dekat ditambah predikatku kemarin dan beberapa pujian sukarela dari orang lain. Terlebih dia pasti punya ekspektasi baik terhadapku, dan berakhir kekecewaan.

Satu-satunya yang aku pengen setelah kejadian ini cuma hidup tenang, tanpa ada orang yang kenal aku, tanpa perlu mereka berkespektasi tentang aku, tanpa perlu repot-repot mereka kasih penilaian buatku. Aku gak pengen dikenal sebagai siapa-siapa lagi. Jelas ini ada kaitannya kenapa aku menghapus koneksi di instagram.

Ada orang yang audiencenya makin banyak, makin kenceng dan bebas mengekspresikan dirinya. Ada orang yang audiencenya makin banyak, makin mikir kalau mau ngomong sesuatu.

Koneksi sungguh hal besar buatku, dan penting. Tapi untuk saat ini, aku butuh ekosistem baru tanpa terbayang-bayang predikat apapun.

Komentar

Postingan Populer