Interview Rewind 2020

Jangan takut dulu sebelum memulai, takutlah saat tanggung jawab itu datang
- aku, yang kecemplung karena takut berenang.
 
Sebelum mulai macem-macem, aku mau bilang kalau tulisan ini akan berisi pengalamanku dari pandanganku yang paling benar. Beberapa hal bisa ditiru, beberapa hal lainnya harus ditiru, tapi temen-temen semua gak perlu menjadi aku. Duplikasi bukanlah solusi untuk perkara bentuk identitas. Aku kembalikan, ini sudut mataku. Teman-teman juga tentu boleh mengundangku minum teh di sudut mata kalian. Selamat berkontemplasi.
 
Beberapa hari lalu aku diberikan kesempatan untuk wawancara menjadi seorang pembelajar baru, anak magang. Tentu, sebelum masuk ke segmen wawancara, aku daftarkan (kira-kira) lebih dari 10 lamaran lewat linkedin, glints, kalibrr maupun website company-nya langsung. Motivasinya? Gak ada. Ada deng. Secara jujur, tanggung jawab finansial. Secara bohong, keinginan untuk memulai kesibukan baru. Kebetulan semua lamaranku satu bidang, ilustrator atau grafik desain boleh lah. Jadi, satu berkas lamaran plus printilannya bisa disiapkan sekalian. Bahkan glints dan kalibrr aku pun isinya copas dari linkedin.
 
Dimana letak perbedaan ketika apply lewat pihak ketiga dan apply di websitenya langsung?
 
Lewat pihak ketiga lebih ribet HAHA. Itu juga jadi alesan kenapa aku punya glints dan kalibrr, bahkan ada neuvo juga (tapi aku gak pake). Jadi emang banyak banget platform penyaluran kerja begitu dan masing -masing harus bikin akun buat masukin lamaran. Aku males bangun profil dari awal, profilku yang udah ada di linkedin gak bisa semuanya dipindah. Dan harus input satu-satu, kan makan waktu, aku gak suka. Sebenernya lewat pihak ketiga gini membantu banget buat recruiter lihat profil kita, tapi kalau ribet, tetep aku tinggalin. Sejauh ini aku fokus main di linkedin dan apply lewat websitenya. Jauh lebih enak dan simple.
 
Sebelum tebar lamaran, apa yang sudah kupunya?
 
Profil. Peringatan: ini bukan hal instant yang bisa kita selesaikan dalam satu hari. Aku main linkedin dari semester 5, bangun portofolio profesional disana, berusaha naikin exposure yang gak naik-naik dan mencoba buat jadi aku versi non haha hehe. Aku gak bilang kita harus shining shimmering splendid di linkedin, tapi ada baiknya kita punya nilai jual. Kebetulan, bidang yang aku tekuni memang membutuhkan portofolio, bukti otentik, jadi yaaa buatku linkedin jadi sarana yang tepat untuk bangun profil.
Portofolio. Buatku, portofolio jadi ujung tombaknya. Pertama karena aku kirim lamaran yang tidak linear dengan latar belakang akademisku. Kebanyakan memang yang dicari lulusan dkv atau sejenisnya, jadi bidangku saat ini sangat tidak memenuhi syarat. Kedua, hanya itu yang bisa aku jual. Secara teknis, aku gak pernah dengan sengaja bikin karya buat portofolio. Lembarku isinya hasil lomba, orderan atau kado buat orang. Aku inget omongan Pandji yang dikutip Kak Vandi waktu dimana itu aku lupa, tentang 5 menit yang mengubah hidup itu loh. Intinya,
Kita gak pernah tahu apa yang terjadi saat 5 menit kita berkarya. Bisa jadi ada seseorang yang melihat, lalu seseorang itu menjadi perpanjangan tangan Tuhan untuk mengantarkan kita menuju hidup yang lebih baik.
Dari sana, aku selalu coba kasih hal terbaik di setiap pekerjaanku. Aku mencoba (jadi belum  sepenuhnya sempurna), karena yang asal-asalan juga lebih banyak HAHAHA. But at least, ada segmen hidupku yang profesional. Ngebucin aja aku perhitungkan profesionalitasnya hei, apalagi buat jadi portofolio. Makanya, alesanku bikin karya yang bagus adalah supaya aku gak malu kalau mau sombong. Gak deng. Jadi emang se-ngambis itu aku kalau lagi lomba, ngasih kado atau jualan, karena yaaa.. aku merasa itu produk portofolioku.
Disini aku bikin portofolio lewat issuu. Jadi file pdf, aku upload di issuu biar recruiter bacanya enak. Sebenernya gak harus issuu, bisa instagram atau youtube (kalau emang bikin showreel). tapi instagramku udah kebanyakan wkwkk, rilsedi aja gak istiqamah. Plus aku gak begitu suka ngonten yang konsisten, jadi yaa.. aku bikin plek plek aja disatuin jadi pdf.
Temen-temen bisa nikmatin portofolio aku di bit.ly/portAma_ enjoy!
 
Wawancara scene #1
 
Ini jadi wawancara kerja pertamaku! Kebayang gak sih gimana excitednya? Pasti lah ya. Tapi sayangnya, semalem sebelum ini aku dapet hal yang membuat semangatku cukup berantakan. Padahal seharusnya aku bisa tanya sama beberapa kating atau kerabat yang udah pernah wawancara di company serupa, atau at least ngobrol sama temen buat latihan ngomong, tapi aku udah terlanjur bete saat itu. Ohiya, jadi wawancaranya dikabarin H-1 dan sore, jadi persiapannya gak lama. Intinya, di wawancara ini aku banyak melakukan kesalahan karena aku gak ada persiapan, malah nangis semalemnya wkwkk. Aku langsung list nih ya.
 
Kesalahan umum
Aku gak banyak tanya waktu konfirmasi wawancara. Ternyata, wawancaranya itu bukan sama HRD. Tapi sama team leader yang nanti bakal kerja sama aku, dan cuma berdua. Aku gak tahu ini hanya untuk kasusku aja atau bukan, tapi yang pasti hal dasar yang kusiapkan itu yaa.. perkenalan secara basic, kelebihan kekurangan dan lain sebagainya, taunya kita ngomongin teknis haha. Jadi gini, secara singkat wawancaranya itu berlangsung sekitar 46 menit isinya bahas portofolio aku. Ada keuntungan disini, karena portofolioku di issuu, jadi waktu ngobrol kita share screen issunya, terus jadi bahas per lembar. Seru! Kaya cerita. Tapi aku tetep gugup.
Kesalahanku, karena aku gak expect bakal ngomongin teknis, ngomongin teknis kalau dibidangku ini meliputi brainstorming, executing dan publishing. Karena pertama kali, omonganku gak sistematis (mungkin emang anaknya gak biasa berpikir sistematis juga). Jadi malah ngawur dan kasih insight yang sebenernya gak diperlukan. Jadi, kenali dan persiapkan nanti wawancara bakal sama siapa. Kita boleh kok tanya sama cp-nya waktu konfirmasi, tanya aja nanti wawancara sama siapa, perannya apa, jadi kita tahu apa yang perlu dipersiapkan.
Oiya, selain itu, kenalin diri sendiri sih. Aku kira aku udah tahu siapa aku. Ternyata aku bingung mendeskripsikan aku (yang menjual). Waktu itu aku cuma bilang,
“Saya Rahma, bisa dipanggil Ama, saat ini mahasiswa tingkat akhir di IPB jurusan statistika. Kebetulan sudah 3 tahun terakhir ini belajar mendalami desain grafis…”
Woi ‘kebetulan’ bridging macam apa itu astaga!
 
Aku gak riset tentang company-nya karena udah ngerasa kenal
Ini hal paling dodol yang kulakukan. Aku pikir, aku pikir nih yaaa.. aku gak bakal ditanya semendalam itu. Dan siapa sih yang gak kenal company-nya gitu. Tapi ternyata aku ditanya,
Kamu udah pernah pake aplikasinya? Kamu tahu game yang ini ini ini disana?”
Woah! Ini pertanyaan pertama. Pertama setelah perkenalan dan aku udah gak bisa jawab. Bisa sih, jawab “Belum, mas. Hehe.” tapi kan bukan itu yang sebijaknya kulakukan. Aku emang gak boleh bohong, tapi kan gini, aku lagi terkoneksi di internet saat itu, yaudah sih buka dulu bentar ke google, terus jawab “Ohiya, yang ini ya mas?” gitu setidaknya.. biar aku ngga minus-minus apa pengetahuannya wkwkk.
Endingnya damai kok, abis itu masnya bilang, “Ya gapapa sih, emang bukan kamu pasarnya.” dan aku tersenyum lega.
 
Aku gak banyak tanya di sesi wawancara
Aku nyesel banget banget banget. Karena aku tipikal yang gampang terkena distraksi, jadi pas di awal kena guncangan, aku kaget dan out of control. Bahkan nih ya, pertanyaan yang udah kucatet aja lupa aku tanyain. Akhirnya yang aku tanya malah pertanyaan gak penting, mana buat HRD, jadi masnya jawab, “Kurang tahu, itu bisa dibicarakan sama HR aja nanti.” Aww malu banged.
Pertanyaan yang ngga kutanyakan,
Ritme kerjanya kaya apa, do and don’t, brief-nya seperti apa, deadline dan kebijakannya, tools, sistem kerja tim, hal basic yang perlu aku siapin, ketentuan wfh dan goals anak magang dari sudut company
 
Aku pemalu dan tidak kritis
Skill critical thinking aku meredup sejak… ah sudahlah.
Beneran deh, aku sedih banget karena cenderung manut-manut aja. Aku sadar kapasitasku belum besar, tapi aku malah mengungkung diriku sendiri dengan jadi pemalu. Aku minder. Kalau soal per-stk-an sih aku udah sehari-hari minder, but wait soal perdisenan ternyata masih kebawa dong. Aku masih gak berani menyampaikan pendapat dan pemikiran. Wawancara jadi terkesan satu arah. Aku pengen banget bikin atmosfer yang asik disana, tapi aku gabisa. Padahal mas-masnya udah santuy parah. Aku selalu berangan-angan dengan culture startup yang menyenangkan, tapi akunya sendiri gagal untuk menjadi pribadi yang bisa diajak seru-seruan. Ini sih PR banget buatku.
Karena gini, sejauh ini aku lebih percaya kalau skill itu bisa diubah-dicari-diupgrade-dan lain-lain, tapi karakter kan ngga. Jadi misal, kita cari tim kerja, ada dua kemungkinan, yang skill nya dewa atau yang karakternya sesuai dengan diri kita. Iya, gak? Selama ini, aku sih gitu. Aku picky banget soal temen kerja karena… aku cenderung pasif (?) jadi perlu seorang yang lebih aktif buat ngimbangin.
 
Kesan
Entah._. berkesan karena pengalaman pertama, dan bikin aku jadi banyak belajar. Tapi secara keseluruhan aku gak dapet feel memorablenya gitu loh. Waktu bahas portofolio juga gak diskusi begitu banyak dan gak ada yang special. Beberapa dikomentarin, kaya.. ini bagusnya gini, itu bagusnya gitu. Itu aja.
Mungkin juga, karena… sejujurnya aku udah hopeless sama yang ini, udah mikir ‘ah, at the end kalau keterima pun aku bakal menambah beban pikiran. Jadi gausah bagus-bagus amatlah’. Semalem itu dapet distraksi kaya gitu, karena satu dan lain hal. Jadi aku juga udah bingung mau semangat kaya apa, bahkan temenku lebih excited pas aku kabarin.
 
Funfact
Sebenernya aku daftar intern desain grafis, tapi keterima jadi ilustrator karena… kebutuhan dan kesesuaian kompetensi aku. Ini jadi lebih membuka pandanganku soal bidang permagangan sih, I mean.. yaa… kalau gak keterima bukan berarti kita jelek, tapi emang kita belum sesuai. Terus kalau ketemunya malah di bidang lain yaa secara gak sadar emang kita berpotensi buat garap bidang itu.
 
 
Wawancara scene #2
 
Waktunya cuma beda satu hari sama wawancara sebelumnya. Wow faktanya, aku dapet kabar lolos wawancara #2 pas 4 menit lagi mau wawancara #1 jadi gak kondusif juga gituloh. Belajar dari kejadian scene #1, aku mulai persiapkan dengan cukup baik agensi ini. Sayangnya, social media mereka agak cukup sepi aktivitasnya, bahkan webnya juga gak mendeskripsikan dengan jelas kalau nanti aku bakal ngapain. Dengan info seadanya, yaudah aku nekat-nekatin aja. Sejujurnya aku lebih tertarik di #1 ketimbang yang #2 ini, sekalipun dari fee emang akan lebih besar di #2 ini, tapi feeling aku gak cocok aja di agensi ini. Udah mikir macem-macem. Oke, karena masih berdoa sama #1, jadi wawancara ini juga aku persiapannya cuma sekilas baca website mereka aja.
 
Kesalahan umum
Aku gak cari tahu ini WFH atau WFO, lagi-lagi aku gak memanfaatkan sesi konfirmasi wawancara yang sebenernya bisa kita tanya-tanya dulu. Aku cuma confirm, ‘iya bisa, saya bersedia’ padahal bisa kita tanya-tanya dulu tentang pertimbangan kita buat wawancara. Kaya misal, aku harus WFH, kalau WFO aku gak bisa, jadi kan gak perlu wawancara, mereka juga gak perlu buang waktu dan energi buat ngurusin aku. Entah lah, aku mikir, kita punya hak untuk nolak kok, kandidat mereka juga banyak. Tapi balik lagi sih, kalau emang kepepet dan harus kerja ya.. panggilan wawancara kan pasti jadi angin segar. Cuma posisiku saat ini, aku mau yang balance aja gitu, aku gak cari uang, aku gak cari kesibukan yang terlalu, aku mau cari pelajaran dan pelarian. Itu.
 
Persiapkan ekspektasi gaji
Ternyata ada pertanyaan,
mau gaji berapa?
Tebak aku jawab apa?! iya benar! “aku gak ada ekspektasi sih, hehe.
Ini benar-benar salah. Karena.. berarti aku belum mengenal kemampuan aku dan belum siap mau menghargai karyaku sebarapa besar. Tapi aku punya alesan logis untuk ini, pertama aku gak tahu kisaran fee di agensi dan gimana beban kerjanya. Kedua, aku belum ngitung pembiayaan hidup disana. Oke fix, ini salah aku.
Jadi, sebelum wawancara, mungkin kita bisa tanya seseorang yang sudah disana, atau di agensi serupa yang bisa dibuat patokan. Atau survei di internet, atau emang menetapkan standar sendiri. Ah pokoknya direncanakan dengan matang deh soal gaji. Emang dasar aku anaknya gabisa ngurus perduitan ya, jadi hal beginian kelewat dan cuma angin lalu buatku. Aku tuh dibayar segini ok, segitu ok. Selama aku bisa tidur nyenyak dan makan kenyang. Mental aku gak ada mental-mental nimbun duit :(
 
Kesan
Overall gak ada kesalahan waktu wawancara #2 ini. Isi wawancaranya perkenalan, cerita latar belakang sampe pengalaman kerja, sama bahas portofolio. Aku sudah lebih terstruktur saat memperkenalkan diri dan cerita soal pengalaman kerja. Wawancara ini cuma 15 menitan juga.
Hal yang paling berkesan dari wawancara #2 ini adalah… mereka bahas portofolio aku satu-satu (ya wawancara #1 juga sih) tapi karena aku lebih sistematis ceritanya, jadi mereka bisa gali lebih dalam. Mereka juga bilang ada satu portofolio yang mereka suka, banget. Yang ini:
  

Poster spirit lupa taun berapa WKWKK. Portofolio aku kan emang isinya bekas lomba yang menang doang kan, atau yang tidak buruk rupa lah minimal. Di setiap lembarnya, masnya nanya, “Yang ini menang? Yang ini menang lagi? Hebat sekali kamu ya.” sambil mukanya sumringah. Aku seneng liatnya. Aku seneng ketika ada orang yang mengapresiasi dengan tulus, terlebih orang itu strangers. Aaak.. aku malu sejujurnya dan takut ternyata pas kerja gak sebagus itu, tapi untuk sepersekian detik aku izinkan perasaan bangga bergerilya di benakku.
 
Funfact
Aku lupa lamar kerja di agensi ini. HAHA.
Jadi pas dapet panggilan wawancara, aku mikir ‘ini yang mana sih?’.
Aku lomba juga gini, event juga apalagi event online. Aku lupa udah regis terus tau-tau acaranya besok. Aku kelihatannya udah butuh orang untuk manajer dan teman hidup (+marketing bole lah). Yok, silakan yang mau kirim cv dan portofolio langsung gas! :)))
 
 
Kesimpulan
 
Dari kedua wawancara ada perbedaan mendasar tapi signifikan. Pret. Gini, company #1 itu lebih mementingkan proses, jadi emang bener-bener terfokus sama brainstorming dan executing. Kalau agensi #2 itu lebih ke target hasil, lebih bikin patokan misal sehari harus berapa post instagram, yaa kejar tayang aja gitu. Aku berdoa gak di agensi #2 sih hehe. Karena takut, situasi dan kondisiku juga gak memungkinkan saat ini.
Aku tipe orang yang daftar aja dulu, mikir kemudian. Ketika ada orang yang takut memulai, aku adalah orang yang gak ragu-ragu buat mulai. Tapi jeleknya, aku jadi tersadar kalau aku belum mateng jadi ketika hal besar itu datang, aku harus berpikir ekstra. Ternyata agak cukup berat disini pertanggung jawabannya. Kenali dirimu, kenali rasa takutmu. Gak perlu dilawan, tenang aja diajak diskusi sambil ngemil.
Mungkin pesannya diseimbangkan aja ya keberanian dan pertimbangannya. Diusahakan buat gak pede-pede amat, tapi gak banyak-banyak mikir dulu. Selanjutnya diskusikan matang-matang antara isi hati dan isi kepala. Dan ingat, rasa takut saat kirim lamaran itu akan dilanjutkan dengan rasa takut saat bekerja. Kalau udah kebanyakan porsinya sejak awal, kita akan kalah dan dikuasi rasa takut sepanjang perjalanan. Kita harus takut supaya sadar dengan tanggung jawab, tapi sewajarnya aja. Dah gitu aja. Dah panjang. Dadah.
 
Lampiran - Daftar bahasan wawancara
 
#1
‒ Perkenalan
‒ Cerita seputar kegiatan saat ini
‒ Sejak kapan belajar desain, belajar darimana dan kenapa
‒ Kenapa tertarik magang disini
‒ Harapannya apa yang bisa didapet dari magang ini
‒ Apa yang bisa kamu kasih di magang ini
‒ Mau belajar tools baru ngga? (waktu itu masnya di Ai, aku kan sobat Cdr)
‒ Bisa ikutin brief ngga buat gambarnya? (ini karena style gambar aku kan khas banget, takutnya aku gak bisa atau terkendala buat bikin gambar lain)
‒ Selain bikin karakter bisa bikin background ngga?
‒ Jelasin proses pembuatan karya, idenya darimana, kenapa pilih ide itu, kenapa digambarin dengan hal itu,
‒ Bisa gak bikin gambar yang sama dengan tools yang beda
‒ Publikasinya dimana aja
‒ Bisa kerja tim ngga
‒ Bahas portofolio, ceritain dibalik pembuatan karya
 
#2
‒ Perkenalan, gak begitu merhatiin major kuliah
‒ Pengalaman kerja dan desain
‒ Bahas portofolio
‒ Nanya gaji
‒ Nanya lokasi/domisili
 

Komentar

Postingan Populer